Masalah Diri

Mengatasi Rasa Kehilangan karena Kematian

Oleh Salsabila Ainurrohman, Jemima Christiani Utami

Rasa kehilangan karena kematian seseorang yang berarti tentu bukan hal mudah. Begitu pun kematian seseorang yang sudah kita idolakan. Misalnya sebut saja idol K-POP Sulli, mantan member grup F(X) yang diberitakan meninggal dunia karena bunuh diri. Kabar ini tentu meninggalkan luka mendalam dan rasa kehilangan, nggak hanya pada keluarga dan kerabat yang ditinggalkan, namun juga bagi para fans yang mengidolakan Sulli.

Kehilangan seseorang yang berarti dalam hidup memang bukan hal yang mustahil, pasti terjadi. Hanya saja waktu yang nggak pernah bisa diprediksi kapan itu terjadi. Ketika masa itu datang, proses berduka (griefing) seseorang bisa terjadi selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. 

 

Baca Juga: 5 Tahapan Kesedihan ketika Seseorang Berduka

 

Apakah kamu juga mengalaminya? Merasa kehilangan karena kematian seseorang yang tiba-tiba? Nggak apa-apa kok untuk merasa sedih dan berduka. Dalam sebuah penelian bahkan disebutkan, proses berduka atau griefing dapat menjadi batu loncatan untuk mengetahui tujuan hidup. Melansir dari American Psychological Associations, ada juga beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika menghadapi rasa kehilangan. 

Ceritakan Kesedihanmu pada Orang Terdekatmu

Memendam rasa duka sendirian, seringkali membuat kesedihan terasa semakin dalam. Coba ceritakan kesedihanmu pada orang-orang terdekatmu. Mengisolasi diri justru akan membuat rasa duka semakin terasa, dan bisa merusak hubunganmu dengan support system kamu yang lain. 

Terima Apa yang Kamu Rasakan, Semua Emosi Itu Wajar Dialami

Kamu merasa sedih, marah, perasaan menyesal, bersalah, ataupun lelah ketika kehilangan seseorang berarti, adalah perasaan yang normal. Terima dan rasakanlah emosi-emosi tersebut, karena semakin kamu menolak perasaan tersebut, justru semakin kuat perasaan itu. Dengan menerima apa yang kamu rasakan, ini membantu kamu untuk bisa lebih memahami diri dan merasa lebih.

Jagalah Dirimu

Walaupun kamu sedang berduka, pastikan untuk selalu menjaga kesehatanmu dengan baik ya. Atur asupan makanan sehat, olahraga, dan istirahat secukupnya. Lakukan aktivitas-aktivitas fisik untuk membantu kamu mengalihkan rasa sedih agar tak berlarut-larut. 

Menolong Orang Lain

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melewati masa berduka adalah dengan menolong orang lain yang mungkin juga mengalami kisah yang sama sepertimu. Terbukti bahwa menolong orang lain telah membantu kondisi kesehatan mental menjadi lebih baik dan dengan menceritakan kisahmu, adalah salah satu cara kamu dapat melewati masa dukamu.


Baca Juga: Taeyeopn SNSD dan Perjuangannya Melawan Depresi


Mengingat dan Mengenang Kehidupan Orang Tersayangmu

Mendonasikan barang-barang miliknya, memajang foto kebersamaan kamu dengan dia, atau aktivitas positif lainnya yang berkaitan dengan dia yang telah tiada juga bisa kok kamu lakukan untuk membantu kamu melewati masa-masa duka. Seorang artis di Amerika bernama Patrick Dempsey, ketika ibunya meninggal karena kanker, ia melewati masa dukanya dengan menerima dan menolong orang-orang yang juga mengalami kanker. Patrick Dempsey akhirnya membuat sebuah yayasan untuk mengenang ibunya dan dalam yayasan itu, ia mengumpulkan dana untuk disalurkan kepada pasien-pasien kanker lainnya. 

Namun, apabila kamu tetap merasa kamu tidak bisa berdamai dengan emosi-emosi dari rasa kehilangan karena kematian orang terkasih, mungkin ini saatnya untuk mencoba mencari pertolongan melalui tenaga profesional. Mereka bisa membantu kamu menghadapi perasaan-perasaan berduka itu dan kembali ke kehidupanmu seperti sedia kala.


Tanggapan mereka