Percintaan

Mengatasi Trauma Kekerasan Dalam Pacaran

Oleh Ataya Suyoto

Siapa nih yang lagi enggak mau berpacaran dulu karena masih trauma gara-gara kekerasan dalam pacaran? Sebenarnya wajar banget buat para korban kekerasan dalam pacaran menjadi sangat takut untuk memulai berhubungan lagi dengan lawan jenisnya. Pasti ada perasaan atau bayangan dimana akan terjadi kekerasan yang serupa di dalam hubungan kamu. Alhasil, korban kekerasan dalam pacaran ini jadi takut untuk jatuh cinta lagi. Ketika kamu sudah bebas dari si pelaku kekerasan dalam pacaran, sekarang waktu yang tepat untuk fokus membuat hidup kamu agar lebih bahagia dan bersiap untuk membina hubungan yang lebih sehat. Untuk kamu yang masing kebingungan dalam mengatasi trauma kekerasan dalam pacaran, kali ini psikolog Pingkan Rumondor akan berbagi tips agar bisa membantu kamu.

Menerima perasaan negatif

Saat kamu diperilakukan tidak seharusnya, sebenarnya wajar lho memiliki rasa marah, kecewa, dan bahkan sedih dengan mantan atau diri sendiri. Perasaan negatif seperti ini sering kali memberikan perasaan yang kurang enak, sehingga kamu mencba mengensampingkannya. Namun, sebenarnya penting banget lho bisa menerima perasaan ini dan lebih terbuka dengan diri kamu sendiri. Bersikaplah apa adanya, ikhlas dan terima apa yang sedang terjadi dalam kehidupanmu. Memang tidak mudah melakukan ini, akan tetapi dengan begitu setidaknya bisa membantu dirimu sendiri dalam beradaptasi dan berdamai dengan kisah masa lalu kamu.

Curahkan perasaan kamu

Saat kamu memiliki perasaan negatif akibat kekerasan dalam pacaran sebenarnya enggak baik lho kalau hanya disimpan sendirian. Ada baiknya kamu bisa mengeluarkan segala perasaan negatif itu. Curhatkan semua itu lewat tulisan atau orang-orang yang kamu percayai. Penting banget untuk mengeluarkan perasaan-perasaan negatif itu, agar kamu bisa merasa lebih lega. Intinya usahakan jangan dipendam sendiri ya. Pasti orang-orang di sekitar kamu yang peduli dan mau mendengarkan ceritamu. Jadi berceritalah!

Kamu berharga

Siapa nih yang masih menganggap dirinya tak berdaya? Jangan mau terus-menerus diremehkan dan terkesan tidak berdaya ya. Selalu ingat bahwa apapun yang terjadi di kehidupanmu, kamu berharga. Bagaikan uang dengan nominal Rp 100.000 yang ketika dilecekin atau bahkan diinjak, uang itu tetap memiliki nilai nominal yang sama. Sama seperti halnya dengan diri kamu, apapun yang mantan kamu lakukan itu tidak akan mengurangi sedikit pun nilai berharga di dirimu ya.

Cari kegiatan positif

Luangkan waktumu untuk melakukan hal yang lebih positif dan menyenangkan untuk kamu. Hal yang cukup mudah dilakukan seperti bergaul dengan orang-orang yang kamu sayangi, melakukan sesuatu yang kamu suka, atau bahkan mengikuti kelas-kelas yang bisa menunjang minat dan bakat kamu. Kegiatan apapun bisa kamu lakukan lho. Perkaya kehidupanmu dengan kegiatan positif itu sehingga bisa membantu kamu untuk meningkatkan kembali rasa percaya dirimu yang dulu sempat pudar.

Perlu bantuan professional

Kalau kamu masih memiliki kesulitan untuk menerima masa kelammu akibat kekerasan dalam pacaran, akan lebih baik untuk kamu bisa mencari bantuan professional. Enggak perlu binggung, kamu bisa lho langsung konsultasi dengan psikolog yang ada di sekitar kamu. Mereka pasti akan terbuka dan membantu kamu. Bersama orang yang profesional juga bisa mengarahkan kamu ke arah yang lebih baik.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui beberapa tips mudah agar bisa melepaskan diri dari belenggu hubungan masa lalumu yang menyakitkan. Kamu pun juga bisa lepas dari trauma-trauma akan kekerasan yang terjadi di hubungan terdahulu. Yuk, coba membangun diri yang lebih sehat lagi, dan move on menuju diri kamu yang lebih bahagia!


Tanggapan mereka