Masalah Diri

Menjaga Kesehatan Mental

Oleh Ibunda Official

Jagalah pikiran Kamu tetap siap. 

Sebagai tambahan pada fakta bahwa tetap aktif secara mental merupakan hal yang berguna secara emosional, penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara aktivitas yang menantang secara mental dan penurunan risiko mengalami Alzheimer. Jangan pernah berhenti belajar, bahkan meskipun Kamu merasa sudah mulai menua.

Perkuat hubungan Kamu. 

Prioritaskan untuk mengembangkan hubungan berarti yang lebih dari hanya hubungan sosial. Praktikkan pengungkapan diri, yang artinya berbagi hal-hal yang unik bagi Kamu (pikiran, rasa takut, film dan musik kesukaan, sifat-sifat hewan peliharaan yang menjengkelkan, dan lain-lain) dengan orang-orang yang Kamu percayai. Hal ini telah terbukti menjadi hal luar biasa penting yang tidak hanya membentuk hubungan antar pribadi yang lebih dalam, namun juga perasaan didukung secara emosional. Luangkan waktu untuk tetap berhubungan dengan teman-teman dekat. Jika Kamu tinggal jauh dari teman-teman dekat Kamu, luangkan waktu untuk menelepon mereka sekali setiap minggu. Jika Kamu tinggal berdekatan dengan teman-teman dekat Kamu, luangkan waktu setiap minggu untuk mampir dan mengobrol. 

Gapai minat Kamu. 

Luangkan waktu untuk berlatih alat musik, melakukan proyek seni, mengambil foto, membuat maket, mengelas, membuat kue, atau kegiatan apa pun yang mengisi waktu luang Kamu. Jika ingin mempelajari hal baru, ikuti kursus malam atau akhir pekan. Jika tidak dapat memikirkan suatu hal yang menarik, luangkan waktu untuk melakukan hobi. Bergabung dengan suatu kelompok atau klub. Bertemu dengan orang-orang yang berbagi minat yang sama akan membuat Kamu pergi keluar rumah dan mendorong rasa kebersamaan. 

Pelajari cara memahami emosi. 

Penting untuk menyadari apa yang Kamu rasakan. Ketika terhubung dengan emosi Kamu, maka Kamu akan mampu mengenali kapan Kamu bertindak karena emosi dan kapan berempati lebih dalam dengan orang lain. Mengenal diri sendiri merupakan kunci penting untuk memiliki kesehatan mental yang baik. Penting untuk mengetahui ketika ada suatu hal yang membuat Kamu merasa tidak bahagia agar Kamu dapat memperbaikinya atau membuangnya dari kehidupan Kamu. Demikian juga, merupakan hal yang bagus untuk mengenali hal-hal yang membuat Kamu bahagia. 


Tanggapan mereka