Masalah Diri

Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Oleh Salsabila Ainurrohman

Kerjaan menumpuk, bos sering mara-mara, teman kantor yang menjengkelkan, belum lagi masalah pribadi yang terus bikin kepikiran sepanjang hari, siapa sih yang ngga stress di tempat kerja dengan masalah menumpuk kaya gitu? Stress yang ngga diatasi itu ngga bagi lho buat kesehatan mental kamu. Terus, gimana dong caranya menjaga kesehatan mental di tempat kerja?

 

Kesehatan mental di tempat kerja itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik, karena mental yang sehat sejalan dengan peningkatan produktifitas kerja. Sebaliknya, seseorang yang merasa terlalu banyak tekanan di tempat kerja, sampai stress bahkan depresi, menandakan bahwa kesehatan mentalnya terganggu dan akibatnya bisa fatal sampai ke tindakan bunuh diri.

 

Wah, jangan sampai kamu berada di posisi itu ya. Kalau kamu merasa tertekan dengan banyaknya tuntutan pekerjaan atau mengalami masalah yang berdampak pada penurunan produktifitas kamu, ada beberapa langkah mudah yang bisa bantu charge semangat kamu.

 

Curhat

Mencurahkan isi hati tentang masalah-masalah yang dihadapi bukanlah menandakan kelemahan seseorang, tapi justru itu adalah cara untuk memperbaiki wellbeing dan menjaga kesehatan mental pada diri sendiri. Ngga mudah memang untuk bisa bicara, tapi cobalah cari orang yang menurut kamu nyaman untuk jadi tempat kamu curhat. Karena dengan di dengarkan, bisa banget membantu mengurangi stress.

 

Berolahraga

Selain bermanfaat untuk improve kesehatan fisik, olahraga juga baik untuk meningkatkan kesehatan mental lho. Olahraga dalam hal ini ngga melulu harus pergi keluar rumah, misalnya pergi ke gym. Kamu bisa merutinkan olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah, seperti pilates atau yoga, atau bahkan se-simpel beres-beres rumah. Intinya, lakukan aktivitas fisik yang mampu menguras keringat kamu minimal 5 kali dalam seminggu selama 30 menit. Lakukanlah aktivitas fisik yang kamu sukai, supaya bisa jadi rutinitas yang menyenangkan.

 

Makanlah yang Baik

Diet ngga melulu buat ngurusin badan lho. Setiap orang bahkan wajib untuk diet, kalau memang mau hidup sehat jiwa raga nya. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan pola makan teratur, ini ngga hanya baik untuk kesehatan fisik tapi juga mental.  

 

Ketika di tempat kerja, usahakan jangan sampai skip makan ya. Kamu bisa bawa bekal dari rumah supaya lebih terjamin kebersihan makanannya. Selain itu, usahakan untuk ngga makan di meja kerja ya. Ketika jam makan, lupakan sejenak pekerjaan kamu dan makanlah dulu, ngga lama kok. Kalau kerjaan dirasa ngga bisa ditinggal, kamu bisa sediakan cemilan sehat di meja kerja kamu.

 

Istirahat

Jangan forsir diri kamu berlebihan, perhatikanlah waktu istirahat kamu juga. Sediakan waktu untuk break di sela-sela kesibukan kerja kamu. Misalnya, ketika jam istirahat tinggalkan segera meja kamu, temui teman kamu lalu ngobrol lah sama dia. Buatlah obrolan ringan diluar topik pekerjaan untuk bantu meningkatkan mood kamu, misalnya obrolan tentang film baru yang lagi tayang, tempat makan yang enak, atau yang lainnya.

 

Selain itu, luangkan waktu 10-15 menit untuk tidur siang. Tidur adalah hal paling mendasar dalam kebutuhan meningkatkan kesehatan mental, karena tanpa tidur yang berkualitas maka bisa membuat konsentrasi menurun drastic, sampai berdampak pada munculnya masalah kesehatan mental lainnya.

 

Liburlah dikala Libur

Waktu libur kamu, gunakanlah sebaik mungkin untuk diri kamu sendiri. Ketika di hari kerja kamu sudah diforsir kerjaan terus-terusan, saat libur lupakanlah sejenak semua pekerjaan kamu dan lakukan hobi menyenangkan yang kamu suka, misalnya berenang, nonton film, baca buku, atau pergi karaoke.

 

Terlalu Berat? Keluar Aja

Kamu tertekan dengan tuntutan kerja, sudah coba komunikasi ke atasan atau HRD tapi tetep ngga ada perubahan malah kerjaan tambah banyak. Mungkin ini saat yang tepat buat kamu cari kerjaan baru, karena kesehatan mental kamu jauh lebih penting dibandingkan segalanya.

 

Mintalah Bantuan

Di dunia realita ini ngga ada yang namanya super human, karena setiap orang punya limit dalam diri mereka. Dan jika dirasa masalah sudah terlalu menumpuk sampai kamu merasa sangat depresi di tempat kerja, carilah bantuan pada ahlinya seperti psikolog.

 

Ngga ada waktu buat ke psikolog? Kamu bisa kok cerita sama Bunda. Kunjungi Bunda di www.ibunda.id, atau di LINE @ibunda, Bunda siap jadi konselor pribadi kamu.

 


Tanggapan mereka