Pertemanan

Menyemangati Teman yang Sedang Mengalami Masalah

Oleh Ibunda Official

Masalah dalam hidup itu lumrah, tapi ada kalanya sebuah masalah terlalu tiba-tiba sehingga membuat kita tidak bisa berpikir jernih. Ketika ini terjadi, disinilah peran teman menjadi penting, bantulah teman kamu dalam melewati masa sulit ini.

Buat kontak. 

Ketika Anda mengetahui bahwa seorang teman sedang melalui krisis, baik itu perceraian, putus cinta, penyakit atau ditinggal orang yang dicintai untuk selamanya, buatlah kontak sesegera mungkin. Orang yang berada dalam situasi sulit atau krisis cenderung merasa terisolasi.

Dengarkan tanpa menghakimi. 

Orang perlu bercerita pada waktu yang dia inginkan, khususnya jika sedang berjuang melalui krisis. Tentu Anda memiliki pendapat sendiri mengenai situasinya, tetapi memberikan saran tidak selalu diperlukan, khususnya jika tidak diminta

Tawarkan bantuan praktis. 

Daripada menawarkan saran, Anda dapat menawarkan bantuan nyata. Bantuan bisa membuat perbedaan besar bagi seseorang yang sedang berjuang mengatasi situasi sulit. Melakukan hal-hal kecil sekalipun dapat membuat perbedaan.

Biarkan teman Anda menghadapi emosinya. 

Emosi yang terlibat dalam perubahan hidup yang sulit (penyakit, kematian orang yang dicintai, perceraian atau putus cinta) cenderung datang dalam hantaman gelombang. Pada satu hari teman Anda mungkin mengatasi perubahan itu dengan baik dan hari berikutnya bisa benar-benar hancur.

Jangan mengambil alih hidupnya. 

Walaupun membantu seseorang yang sedang mengalami masa-masa sulit biasanya dibekali dengan niat yang sepenuhnya baik, namun Anda bisa membuatnya kewalahan dengan kebaikan yang Anda tawarkan. Anda juga bisa menghilangkan kekuatan dari dirinya. Masa-masa seperti perceraian atau penyakit atau kematian orang yang dicintai dapat membuat orang merasa tidak memiliki kekuatan.

Teruslah menanyakan kabarnya. 

Orang cenderung menjadi sangat cemas ketika hidup seorang temannya hancur berantakan, tetapi lama-kelamaan memudar. Pastikan Anda tidak seperti itu. Pastikan teman Anda tahu bahwa dia dapat menelepon Anda bila dia membutuhkan, dan pastikan Anda selalu tahu kabarnya.


Tanggapan mereka