Percintaan

Nikah Muda Kayak Rachel Vennya? Yakin?

Oleh Fx Dimas

Beberapa hari ini banyak nitizen di dunia maya yang masih berkomentar tentang pernikahan viral Rachel Vennya. Foto-foto pernikahan Rachel Vennya dan Okin pastinya bikin baper parah di kalangan anak muda, apalagi kaum hawa. Tak jarang dari followers mereka mengeluh-eluhkan pernikahan yang serupa kayak si Rachel dan Okin. "Duh, iri banget sama pernikahan Rachel Vennya" atau “jadi pengen nikah muda deh gara-gara ngeliat mereka” dan masih banyak komentar lainnya yang mendadak bikin latah jadi pengen nikah. Perempuan mana sih yang gak mau nasibnya kayak Rachel Vennya? Enggak perlu lama-lama berpacaran hanya 2,5 tahun tapi udah diseriusin dan menikah.

 

Sebenernya gak salah dengan keinginan untuk nikah muda, tapi apa kamu seyakin itu? Nikah itu bukan hal main-main lho, ada berbagai hal yang perlu dipikirkan setelah kata 'sah' terdengar. Pastinya juga ada kejadian-kejadian yang tak terbanyangkan terjadi di pernikahanmu. Banyak anak muda yang berpendapat kalau nikah muda itu termasuk life goals, tapi ini akan jadi bumerang tersediri untuk mereka kalau tidak mempersiapkan semuanya dengan baik. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika ingin menikah muda.

 

1. Persiapkan Mental

Nikah muda itu kadang suka dianggap sebelah mata. Semuanya selalu terpatok dari usia pasangan itu menikah. Padahal bisa aja kan kalau usia  mereka masih muda, tapi mental mereka untuk membina rumah tangga bisa dibilang sudah siap. Kebanyakan pasangan yang ingin menikah muda pasti masih memiliki ego tinggi. Nah, ini yang perlu diperhatikan dalam kesiapan secara mental sebelum kamu dan pasanganmu bisa ke arah yang lebih serius. Kalau kamu sudah siap secara mental, biasanya apapun masalah yang terjadi di dalam rumah tangga pasti bisa kalian hadapi tanpa ada kata untuk menyerah. Biasanya kesiapan mental ini bisa diasah saat berpacaran, cara menghadapi sebuah masalah dan pola pikir kamu dan pasanganmu inilah yang bisa menjadi tolak ukur kesiapan mental untuk ke jenjang yang lebih serius lagi.

 

2. Urusan Finansial

Nah, urusan finansial juga paling penting lho soalnya ini kebutuhan dasar dan harus terpenuhi. Pasangan muda biasanya dipadang tidak memiliki kematangan secara finansial, padahal bentu tentu juga lho. Coba deh belajar dari pasangan Rachel Vennya dan Okin yang bisa dibilang sangat siap mengenai masalah finansial. Rachel yang memiliki bisnis pil pelangsing dan juga berprofesi makeup artist. Selain itu, keduanya juga punya usaha sate taichan goreng. Tau kan sate taichan goreng yang paling hits itu? Gara-gara mereka juga nih, sate taichan sekarang terkenal dan paling banyak dicari orang-orang.

 

Perlu di contoh nih pasangan muda seperti mereka yang sudah cukup matang dalam urusan finansial. Sebenarnya masalah finansial ini bukan sebanyak apa yang sudah kalian siapkan dalam memenuhi segala kebutuhan nantinya, tapi lebih ke arah seperti menabung atau bagaimana kalian bisa mengelola keuangan yang sesuai dengan kebutuhan. Hmm, untuk kamu yang latah pengen nikah muda kayak Rachel Vennya udah siap belum nih secara finansial?

 

3. Kenali Tujuan Pernikahan

Sebelum memutuskan untuk menikah muda, coba deh untuk merenungkan kembali tentang tujuan pernikahan. Jangan sampai kalian berdua tidak memiliki tujuan yang jelas saat ingin membangun sebuah rumah tangga. Inget ya, kalau membangun rumah tangga itu enggak segampang pacaran.  Kalau tujuan kamu dan pasanganmu benar-benar baik, pasti pernikahan kamu dan pasanganmu akan banyak mendapatkan manfaat. Meskipun nantinya ada masalah di pernikahanmu, pasti kalian bisa menghadapinya dengan mudah. Oh iya, jangan sampai memutuskan untuk menikah hanya gara-gara lantah melihat orang di sekitarmu menikah ya. Kenali dulu tujuan pernikahan yang kalian inginkan.

 


Tanggapan mereka