Kata Bunda

Pentingnya Resolusi Tahun Baru Menurut Psikolog

Oleh Salsabila Ainurrohman

Momen pergantian tahun gak cuman identik sama kembang api dan terompet. Ada satu lagi.. resolusi. Biasanya, semangat berganti tahun beriringan sama semangat mengubah diri dan hidup menjadi lebih baik. Tapi, seringnya semangat ini juga cepet banget kendornya. Alesannya? Banyak. Nanti aja deh. Besok aja mulainya. Eh ntar aja lah. Sampai kelimpungan pas akhir tahun tiba.

Kamu gitu juga? Jangan sedih, yang kaya kamu ternyata banyak kok. Risetnya menyebutkan dari sekian banyak orang yang membuat resolusi tahun baru, hanya kurang dari 10% di antaranya yang benar-benar menjaga berusaha mewujudkan resolusi mereka. Emangnya, apa sih yang bikin banyak orang gagal mewujudkan resolusi mereka? Salah satu alasannya adalah terlalu banyak menunda, seperti golongan kaum prokrastinator yang selalu mengucapkan mantra “ntar aja, masih ada waktu kok” yang akhirnya membuat resolusi cuma jadi pajangan di kamar.

 

Baca Juga: Ini Cara Baru Konsultasi Sama Psikolog

 

Alasan lainnya, adalah karena resolusi yang dibuat gak realistis dan biasanya kurang spesifik. Biasanya resolusi yang dibuat cenderung terlalu umum, misalnya ‘pengen kurus’. Nah, resolusi kaya gini harusnya ditambah sama resolusi lain yang lebih spesifik, misalnya mulai membiasakan makan buah-buahan setiap hari, olahraga minimal 3 kali seminggu, dan kegiatan lain yang bisa mendukung resolusi ‘pengen kurus’ tadi. Semakin spesifik, maka bakal semakin mudah buat kita menjalankannya dan mencapai resolusi yang udah dibuat.

Emangnya, bikin resolusi itu penting ya? Psikolog Alexandra Gabriella menyebutkan ternyata punya resolusi tahun baru itu penting banget loh. Beberapa alasannya di antaranya adalah:

Punya Rencana Buat Berkembang

Salah satu alasan pentingnya punya resolusi adalah kita jadi punya rencana untuk berkembang. Sama kaya main games, setiap games pasti punya goal yang mau diraih. Ngalahin musuh, koleksi banyak koin, atau jadi champion. Begitu pun dengan kehidupan, setiap orang pasti punya sesuatu yang mau diraih. Itulah kenapa resolusi ini penting buat jadi salah satu metode untuk bisa meraih apa yang diinginkan, dan untuk menjaga kita agar tetap on track dengan goals. Lewat resolusi, kita juga bisa memahami apa yang perlu diubah atau ditambahkan di tahun berikutnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Biar Gak Jenuh

Menjalani rutinitas yang itu lagi itu lagi, apa gak bosen? Membuat resolusi juga bisa jadi salah satu cara buat nantang kapasitas dan meminimalisir kejenuhan. Dengan membuat resolusi, kita jadi punya target baru. Dengan adanya target baru, kita akan jadi lebih termotivasi buat mengejar mimpi atau apapun yang ingin kita raih.

Mengukur Progres

Terakhir, adanya resolusi juga bermanfaat membantu kita mengukur progres kita selama ini. Kalau gak ada target yang ingin diraih di tahun depan, kita mungkin bakal merasa seperti  hamster berlari di roda putarnya. Sekencang apapun dia berlari, tapi sebenarnya dia gak pergi kemana-mana. Dengan resolusi, kita bisa tahu perkembangan apa yang telah kita capai, dan perkembangan apa yang mau kita capai kedepannya.

 

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Jadi Korban Gaslighting

 

Nah, itulah beberapa alasan tentang pentingnya punya resolusi. Jadi, apa resolusi kamu tahun ini? Semoga bisa lekas terealisasi dan bisa membantu kamu jadi pribadi yang lebih baik lagi ya. Kalau kamu merasa hilang arah dan hilang motivasi hidup, kamu juga bisa berkonsultasi dengan psikolog Ibunda di sini. Semoga bermanfaat!


Tanggapan mereka