Masalah Diri

Perbedaan Orang Kepribadian Ganda VS Bipolar

Oleh Salsabila Ainurrohmah

  Ada yang pernah baca bukunya 24 Wajah Billy? Atau buat yang doyan drama Korea, udah pernah nonton drama Kill Me Heal Me? Nah buat yang udah baca ataupun nonton, pastinya udah punya gambaran dong tentang Dissociative Identity Disorder (DID) atau orang lebih kenal dengan nama kepribadian ganda. Nah, kepribadian ganda sama bipolar, itu bedanya apa sih?

 

Mungkin kamu bingung ya membedakan Dissociative Identity Disorder (DID) atau yang sering disebut gangguan kepribadian ganda dengan gangguan bipolar. Pasalnya, kalau melihat dari definisi yang banyak ditemukan di mbah google, ciri-ciri dari kedua masalah mental ini kurang lebih mirip-mirip.

 

Nah, buat yang mau tau bedanya apa, Laurentius Sandi Witarso, M.Psi psikolog dari Psikolog Klinis dari Personal Growth punya penjelasan lengkapnya nih. Yuk baca bareng-bareng. 

 

Apa sih DID dan Bipolar itu?

 

Dissociative identity disorder (DID) adalah gangguan psikologis dimana seseorang memiliki setidaknya dua kepribadian atau lebih yang saling berbeda. Perbedaan kepribadian ini mempengaruhi pikiran, perasaan dan perilaku seseorang dan dapat muncul pada waktu yang saling berbeda.

 

Sedangkan, kalau Bipolar adalah suatu gangguan di mana seseorang mengalami perubahan mood (suasana hati) yang sangat ekstrem. Ia bisa merasakan episode sedih yang ekstrim (depresi) hingga kebahagiaan yang ekstrim (mania).

 

Sekarang udah tau yaa perbedaan definisi keduanya? Nah, di dalam ilmu psikologi, DID itu tergolong ke dalam gangguan disosiatif.  Nah, orang dengan gangguan disosiatif memiliki gangguan pada kesadaran, memori (ingatan) dan identitas. Ia akan menjadi orang dengan identitas yang berbeda-beda ketika menghadapi permasalahannya. Orang dengan gangguan DID terkadang sadar atau tidak sadar dengan keberadaan kepribadiannya satu dengan yang lain. 

 

Sedangkan Bipolar dikategorikan ke dalam gangguan suasana, di mana orang dengan kategori gangguan ini dicirikan mengalami gangguan emosi yang ekstrem (mulai dari kesedihan hingga kegembiraan yang berlebihan). Orang yang mengalami gangguan bipolar nggak memiliki permasalahan dengan identitas dirinya, berbeda dengan DID, orang dengan bipolar tetap akan menjadi dirinya meskipun mereka mengalami hambatan dalam mengelola perubahan emosi secara drastis. 

 

Apa Sih Penyebabnya? 

 

Gangguan DID disebabkan karena adanya masalah dengan identitas diri. Seseorang dengan DID akan memiliki beberapa identitas. Sejauh ini faktor utama penyebabnya  sih adalah karena orang tersebut pernah mengalami peristiwa traumatik pada masa lalu dalam kehidupannya. Dalam menghadapi peristiwa traumatiknya, ia membentuk kepribadian dan identitas yang lain sebagai bentuk dari pertahanan dirinya. Sedangkan gangguan bipolar pada umumnya disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan dan zat kimia di dalam otak.

 

Gimana ya Cara Mengatasinya? 

 

Pengobatan utama untuk orang dengan gangguan bipolar adalah dengan obat-obatan, yang berguna untuk menyeimbangkan zat kimia dalam otak sehingga dapat membantu menstabilkan mood mereka. Sedangkan gangguan DID, fokus utama terapinya adalah menyasar pada trauma yang dialami oleh orang tersebut. Terapis mengajarkan cara yang sehat untuk menghadapi traumanya secara efektif.

 

Nah, sudah tau kan bedanya gangguan DID dengan Bipolar ya? Memang mungkin terlihat mirip gangguannya namun gejala dan penyebabnya sangat berbeda. Jika kamu mengalami gejala diatas jangan Self Diagnose ya, lebih baik langsung konsultasi ke psikolog. Buat kamu yang butuh temen curhat tentang masalah-masalah diri kamu, atau masalah lainnya, kamu bisa lho curhat ke Ibunda di www.ibunda.id. Bisa juga lewat chat LINE di @Ibunda, atau curhat calll bersama psikolog ibunda. Yuk #BeraniBercerita!


Tanggapan mereka