Kata Bunda

Perlukah Edukasi Kontrasepsi Pada Remaja?

Oleh Ibunda Official

Selama ini, program Keluarga Berencana (KB) biasanya diperkenalkan pada golongan mahmud alias mama muda, atau pasangan yang sudah berumah tangga. Tapi ternyata anak remaja juga perlu lho di-edukasi tentang hal ini, bahkan harusnya lebih diutamakan.

 

Apa alasannya?

 

Masih tingginya kasus penyimpangan seksual pada kalangan abege menjadi salah satu dampaknya. Melansir dari laman daring Merdeka, Harry Kurniawan dari ASK Rutgers WPF mengatakan kalau terbatasnya akses pendidikan seksualitas membuat remaja Indonesia jadi sangat rentan terhadap resiko masalah reproduksi dan seksual, seperti HIV/AIDS yang jumlah penderitanya terus mengalami peningkatan setiap tahun.

 

Maka dari itu, tindakan preventif tentu wajib untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan memberikan sex education, termasuk tentang KB, sejak di bangku SMP atau SMA.

 

Psikolog Pinkan Rumondor M.Psi menjelaskan, selain dapat dilihat dalam lingkup spesifik seperti dari sisi kesehatan, reproduksi, dan kontrasepsi, edukasi tentang KB juga dapat dilihat dalam konteks yang lebih luas yakni perencanaan pernikahan dan keluarga. Nah, anak muda juga tentu penting banget nih untuk diedukasi tentang hal ini, jangan cuman tahunya nyinyiran netijen di lambe turah doang..

 

Pinkan menjelaskan beberapa keterampilan yang perlu dipersiapkan untuk menunjang kesiapan menikah antara lain:

 

Life skill dan Stress Management

Kemampuan menjadi independent dengan mengatur hidup sendiri. Seperti mengatur keuangan pribadi, merencakanan pekerjaan, yah pokoknya latihan supaya bisa mandiri bahkan sanggup kerja bagai quda aja gitu.

 

Kemampuan Komunikasi Asertif

Kunci hubungan yang harmonis dengan pasangan adalah komunikasi. Dalam pendidikan KB untuk anak SMP/SMA ini juga penting menerapkan edukasi tentang kemampuan komunikasi asertif, atau kemampuan untuk menyampaikan apa yang diinginkan dan dipikirkan kepada orang lain dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan pihak lain.

 

Pengetahuan Kesehatan Reproduksi

Point penting lain yang harus diketahui anak sejak remaja adalah pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan tanggung jawab. Misalnya untuk tingkat SMP bisa dibekali pengetahuan tentang pubertas, bagaimana menjaga kebersihan alat kelamin, dan konsekuensi berhubungan seks. Dan untuk tingkat SMA, materi yang disampaikan bisa mengenai infeksi menular seksual, dan macam-macam alat kontrasepsi.

 

Itulah beberapa poin sex-education yang sebaiknya diajarkan pada remaja di tingkat SMP dan SMA. Pengenalan alat reproduksi memang penting banget diperkenalkan pada anak remaja, dengan penekanan tentang tanggung jawab seorang yang beranjak dewasa. Jadi ketika kelak Ia membangun rumah tangga, akan terbentuk lah keluarga bijak nan harmonis ala keluarga cemara.

 

Nah, buat kamu yang masih penasaran seputar sex education, atau mau membahas tentang masalah-masalah di kehidupan kamu, bisa banget kontak Bunda di www.ibunda.id, atau di LINE @Ibunda. Bunda siap jadi konselor pribadi kamu dan memberikan solusi-solusi terbaik dari sudut pandang psikologi. Yuk curhat sama Bunda!


Tanggapan mereka