Percintaan

Takut Memulai Hubungan? Harus Gimana Ya?

Oleh Fx Dimas

Ketika menjalin hubungan dengan pasangan, pasti enggak selalu berjalan baik. Ada masa dimana masalah datang hingga berakhir dengan kata putus. Setelah hubungan dari pasangan terdahulu berakhir, tak jarang ada orang yang takut memulai hubungan kembali. Belum lagi jika ada kekerasan di dalam hubungan sebelumnya. Kamu pernah merasa kayak gitu gak?

Biasanya ketika sudah bisa move on dan menemukan orang yang terlihat cocok, kamu seolah merasa ragu. Kamu takut gagal di tengah jalan dan berakhir putus, sama seperti dulu. Dengan kata lain kamu jadi takut jatuh cinta atau seolah takut memulai hubungan kembali. Hmm, padahal kalau begitu terus kamu enggak bisa menemukan kebahagiaan yang baru lho. Untuk kamu yang sedang merasakan perasaan takut memulai hubungan, kali ini psikolog Tiara Puspita akan memberikan tips mengatasi rasa takut kamu nih.

 

Sadari terkait adanya trauma

Kamu pernah gagal dalam menjalani hubungan atau punya masa lalu yang buruk untuk masalah percintaan? Jika iya, mungkin ini nih yang membuat kamu jadi takut untuk memulai sebuah hubungan. Ingat-ingat apa saja yang membuat kamu trauma. Biasanya seseorang menjadi trauma karena hubungan orang tua yang tidak harmonis, kegagalan dengan pasangan sebelumnya atau bahkan kamu sering menjadi tempat curhat permasalahan cinta teman-temanmu nih. Terkadang curhatan teman kamu itu begitu membekas sehingga kamu jadi takut untuk memulai sebuah hubungan lho. Mulailah berdamailah dengan perasaan trauma yang ada di dalam diri kamu yuk. Ini bisa jadi jalan terbaik agar kamu tidak larut dalam masalah dan bisa melanjutkan hidupmu kembali.

 

Pastikan kamu siap berhubungan

Kamu perlu memaafkan dengan dirimu sendiri nih sebelum memulai sebuah hubungan. Hilangkan semua persepsi negatif tentang menjalin hubungan dengan seseorang akan selalu gagal. Jangan juga ingin mulai menjalin hubungan dengan seseorang hanya karena paksaan orang lain atau mungkin kamu tidak ingin dibilang jomblo. Katakan siap kalau memang kamu sudah siap dan bisa berdamai dengan dirimu sendiri. Ubah juga pola pikir kamu tentang pasangan yang seolah sempurna tanpa cela sedikit. Ingat tidak ada pasangan yang sempurna, baik itu dari sisi kamu atau sisi pasanganmu. Ketika nantinya pasangan kamu punya kesalahan, cobalah untuk perbaiki berdua ya.

 

Sadari hal yang di luar kontrol kamu

Pernah sadar gak sih kalau membiarkan dirimu dikuasai rasa takut itu bisa merugikan kehidupan kamu lho. Ini dikarenakan kamu bisa dibilang larut dengan rasa takut, sehingga membuat kamu jadi sering membatasi diri untuk memperoleh sebuah kebahagiaan. Padahal kalau saja kamu bisa mengontrol itu semua, kamu bisa kok melangkah keluar dan menemukan kebahagiaan.

Nah, itu beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar terlepas dari rasa takut dan bisa memulai menjalin hubungan kembali. Untuk kamu yang masih merasa ragu dan butuh curhat. Kamu bisa lho curhat sama Bunda di www.ibunda.id atau add LINE @Ibunda. Curhatkan saja semua permasalahan kamu karena Bunda pasti akan memberikan solusi.


Tanggapan mereka