Pertemanan

Takut Stress Saat Liburan? Lakukan Ini

Oleh Salsabila Ainurrohman

Setelah qerja bagai quda, qini saatnya lemesin shay dengan holiday. Etapi, liburan bukan berarti kita bisa terhindar dari kepala spaneng karena stress lho, ternyata justru ngga sedikit orang yang malah stress saat liburan. Trus? Kudu piye?

 

 

Setiap orang di seluruh penjuru dunia ini pasti suka sama yang namanya hari libur. Apalagi buat orang-orang yang setiap harinya disibukkan dengan kegiatan padat dari terbit fajar sampai terbit fajar lagi, dst dst. Dan ketika hari libur panjang tiba, hati mendadak super excited karena ngga sabar untuk segera menikmati waktu santai atau jalan-jalan ke tempat yang udah lama banget pengen dikunjungi.

 

Namun dibalik rasa girang saat menyambut libur panjang, kita perlu sadar sama yang namanya resiko stress. Kebayang dong, ketika libur yang harusnya diisi sama kegiatan menyenangkan, seketika malah stress sama hal yang ngga terduga yang bikin kita ngga bisa menikmati momen liburan. Nah, biar momen liburan kamu maksimal terhindar dari yang namanya holiday stress, berikut ada beberapa tips menghindari stress saat liburan versi iBunda yang bisa kamu coba.



1. Hindari Ekspektasi Liburan yang Berlebihan

 

Salah satu hal yang seringkali memicu stress pas lagi liburan adalah ketika semua tidak sesuai dengan ekspektasi. ‘Liburan itu harus happy, ngga boleh ada masalah, harus semuanya berjalan lancar’, sementara pada kenyataannya kita tidak pernah bisa menduga apa yang akan terjadi. Dan ketika apa yang terjadi ternyata ngga sesuai, stress bisa aja datang tanpa diundang. 

 

Jadi alangkah baiknya daripada berekspektasi sama liburan yang macem-macem, baiknya buat rencana liburan yang lebih realistis versi kamu. Dan penting untuk ngga terlalu banyak berekspektasi semuanya akan berjalan sempurna, mending jalani aja. Santai~

 

2. Buat Rencana Kegiatan

 

Masih berkaitan sama poin sebelumnya nih, sebelum hari libur tiba coba luangkan waktu kamu, yaa sekitar 10 menit untuk merencanakan apa yang akan kamu lakukan di hari libur (tapi ingat ya, rencanakan hal-hal yang realistis aja biar mengurangi resiko holiday stress). Misalnya buat list barang-barang apa yang ingin kamu beli untuk hadiah natal misalnya, atau buat rencana perjalanan liburan ke tempat yang pengin kamu kunjungi sejak lama. Jangan lupa buat perencanaan biaya nya juga ya, biar ngga tau-tau tabungan kamu ludes semua. Kan repot.

 

3. Jangan Takut untuk Bilang Tidak

 

Dapat undangan acara di hari libur, sementara kamu berencana untuk me time layah-leyeh di rumah? Jangan takut bilang tidak. Daripada stress dan merasa bersalah, lebih baik kalau misalnya kamu emang ngga mau, ngga masalah kok untuk bilang ‘engga’. Kamu bisa bilang, ‘makasih banget loh buat undangannya, tapi maaf banget nih kayaknya aku ngga bisa ikut deh. Sorry yaa’. Jangan terlalu memikirkan bahwa kamu harus menjelaskan alasan kamu secara rinci, karena terkadang membiarkan diri kamu untuk rileks di rumah sambil minum kopi, nonton drakor, atau baca buku seharian, penting juga lho buat diri kamu.

 

4. Jangan Lupa Bersyukur

 

Senyum dan syukur adalah salah satu kunci terhindar dari stress (bukan berarti ngga boleh sedih atau marah lho, semua emosi yang ada dalam diri manusia itu wajar kok dirasakan, asal pelampiasannya juga tepat).

 

Nah, ketika liburan tiba dan feed di media sosial penuh sama postingan orang-orang yang begitu menikmati momen liburannya, tahan disitu, baiknya jangan membandingkan diri dengan mereka. Terkadang memang rumput tetangga tampak lebih hijau dibandingkan dengan rumput di rumah sendiri. So, daripada ngedumel dalam hati berharap bisa punya liburan yang sempurna kaya orang-orang di IG, baiknya syukuri apa yang kamu miliki, dan buatlah liburan santai yang menyenangkan versi kamu.

 

5. Habiskan Waktu 15 Menit Buat Diri Kamu

 

Menghabiskan waktu bersama orang terkasih di hari libur memang menyenangkan, tapi kamu juga perlu untuk meluangkan waktu setidaknya 15 menit untuk diri kamu sendiri dalam sehari. Coba isi waktu itu dengan melakukan hal-hal yang bisa bikin kamu rileks, misalnya mendengarkan musik yang menenangkan, minum teh sambil baca buku, jogging, atau kegiatan apa aja yang kamu suka yang bisa nge-charge energi kamu. Nah, waktu yang paling disarankan adalah pagi hari, biar nantinya kamu lebih siap dan semangat menjalani hari dan mengeluarkan energi positif dari dalam diri kamu.

 

Itulah beberapa tips liburan anti stress dari iBunda yang bisa kamu coba. Ingat ya, jangan terlalu tegang menyambut musim libur yang paling dinantikan ini, tapi jalani aja sewajarnya. Biar di hari libur kamu bisa benar-benar mengisi ulang energi kamu setelah menjalani hari yang padat penuh dinamika.

 

Buat kamu yang mau curhat soal keresahan kamu jelang musim liburan ini, kamu juga bisa lho curhat sama Bunda di LINE @Ibunda atau di www.ibunda.id. Bunda siap jadi teman curhat kamu di mana aja kapan aja. Yuk #beranibercerita!


Tanggapan mereka