Masalah Diri

Tanda yang Menunjukkan Kamu Stres Kerja Akut

Oleh Salsabila Ainurrohman

Siapa sih yang nggak pernah mengalami yang namanya stres di tempat kerja? Ya siapa juga yang nggak stres ketika kerjaan terus menumpuk sementara tubuh butuh teriak minta cuti libur?

 

Stres kerja nampaknya hampir dialami sama setiap orang yang bekerja ya, kecuali dia yang memang doyan kerja alias workaholic. Dalam tahap tertentu, stres kerja itu wajar banget kok, bahkan bisa dibilang penting. Kenapa? Karena stres bisa memicu seseorang untuk meningkatkan kapasitas dirinya dan jadi lebih termotivasi. Hidup jadi lebih seru karena ada fase naik turunnya.

 

Ibaratnya nih, kita nggak bakal lari kan kalau nggak dikejar anjing? Nah, stres kerja ini sama halnya kaya “anjing” yang mengejar kita untuk meningkatkan potensi diri menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Tapi, stres jika terjadi terus menerus juga pasti nggak enak dong dan bikin jadi nggak produktif. Itulah kenapa penting banget buat kita bisa mendeteksi apakah stres yang lagi kita alami ini masih dalam batas wajar ataukah udah akut alias harus sudah segera dicari jalan keluarnya.

 

Psikolog Ibunda, Pritta Tyas Mangestuti, M.Psi menjelaskan, ada beberapa ciri yang menunjukkan kamu lagi stres akut di tempat kerja

 

Mulai Mengganggu Pola Tubuh 

 

Ketika masalah di rumah dan kerjaan kantor lagi numpuk-numpuknya, seringkali bikin stres sampai mengganggu ke pola tubuh. Jadi susah tidur atau pengen tidur terus, makan jadi nggak teratur, sampai ke sakit fisik seperti sakit kepala, mual, dan lain-lain.  

 

Sulit Fokus dan Sering Cemas

 

Stres yang udah akut juga sering ditandai dengan rasa cemas berlebihan yang bikin susah fokus kerja. Ketika dikasih tugas baru sama atasan misalnya, pikiran malah fokus pada hal-hal seperti “duh kerjaan gue bakal memuaskan nggak ya” “kayaknya atasan bakal kecewa banget sama hasil kerjaku” “kok kayaknya aku nggak becus sih kerja ginian doang” dan pikiran-pikiran negatif lainnya yang cenderung menyalahkan diri sendiri.  

 

Hilang Motivasi 

 

Saking stresnya, jadi kehilangan motivasi dan gairah buat kerja. Ketika di kantor, malah nggak sabar pengen cepet pulang. Setiap dikasih tantangan baru, nggak ada antusias-antusiasnya sama sekali malah semakin stres.

 

Nah jika kamu merasakan gejala-gejala seperti di atas, atau mungkin gejala lainnya yang semakin sering mengganggu keseharian kamu, itu tandanya kamu butuh bantuan profesional untuk membantu kamu mengelola stres dengan baik. 

 

Jika kamu butuh teman curhat soal masalah-masalah di pekerjaan kamu atau kamu butuh bantuan profesional, kamu bisa juga kok curhat sama Ibunda di LINE @Ibunda, atau Curhat Web Ibunda. Nggak cuman itu, kamu juga bisa coba ikut Kelas Online Ibunda “HOW TO DEAL WITH STRESS AT WORK” bareng psikolog Ibunda Pritta Tyas, M. Psi. Mau tau info selengkapnya? Klik di sini ya. 


Tanggapan mereka