Pertemanan

Teman Kamu Nempel Terus

Oleh Ibunda Official

Banyak orang yang punya teman kayak gini. ciri utamanya adalah apa-apa minta tolong sama kamu, bahkan sampai hal terkecil. Oke kamu mau jadi teman yang baik, tapi teman yang begini namanya parasit, teman itu hubungan dua arah, bukan satu arah. Nah gimana cara ngedidiknya? Nih ada beberapa tips siapa tau manjur.

  • Ajak pihak ketiga

Ini ga kayak pacaran, temanan ga harus berdua doang. Pihak ketiga pun tidak berarti kamu harus jadi trio kwek-kwek, maksudnya adalah kamu coba ganti dinamika pertemanan kamu. Kalau dulu apa-apa selalu bedua, sekarang ajak orang baru, entah itu mutual friends, atau teman kamu/dia yang belum saling kenal. Dengan begini dia bisa lihat kalau sebenarnya dia tidak harus bergantung sama kamu.

  • Kurangi kontak

Ini agak kejam. Bisa mulai dengan agak lama membalas chat, sampai tidak membalas sampai keesokan harinya. Ini sebenarnya agak jahat, tapi yang diperlukan adalah efek shock therapy, yang memaksa dia harus melakukan sesuatu sendiri, atau minimal mencari bantuan dari pihak lain.

  • Suruh ambil keputusan sendiri.

Ini kalau kamu tidak tega tidak membalas chat atau telpon. Tetap jaga komunikasi, tapi ketika ada masalah yang lumayan besar, tapi menurut kamu masih bisa diatasi sendiri, kamu ga perlu ikut campur. Metode paling ampuh adalah dengan bertanya balik, cara ini membuat teman kamu berpikir sendiri. “duh si dia ngajak jalan nih gimana ya?”, kamu balas dengan, “kamu maunya gimana?”

Artikel ini tidak menyarankan kamu membuang teman kamu, bukan. Esensi artikel ini adalah kalau kamu harus mendidik teman kamu, karena jujur aja kamu ga bisa 24/7 bisa dihubungin teman kamu kan.


Tanggapan mereka