Kata Bunda

Tenaga Kesehatan Rawan Gangguan Kesehatan Mental

Oleh Ibunda Official

Saat ini, para tenaga kesehatan atau nakes di seluruh dunia termasuk Indonesia sedang menghadapi tantangan bersama: melawan pandemi Covid-19. Jumlah pasien positif terus bertambah setiap harinya sejak kasus pertama diumumkan, menyentuh angka puluhan ribu jiwa. Tenaga kesehatan (dokter spesialis, dokter, dan perawat) tentu harus berdiri di barisan terdepan selama pandemi. 

Kenyataannya, tenaga kesehatan ngga cuma bekerja merawat pasien selama pandemi. Sebuah riset menunjukkan bahwa pandemi bisa memberikan dampak serius pada kondisi psikologis paramedis. Setiap harinya tenaga kesehatan bekerja di bawah tekanan, mempertaruhkan kesehatan mereka sendiri, kurangnya alat pelindung diri yang memadai, cemas akan keluarga di rumah, dan merasa tidak berdaya. 

Hal ini bisa memunculkan risiko berbagai masalah mental seperti gangguan kecemasan, depresi, hingga PTSD. Terlebih lagi, tak ada yang mengetahui kapan pandemi benar-benar akan berakhir. Hasil survei terhadap 1.257 dokter dan perawat selama puncak pandemi di Cina menemukan bahwa sekitar 50% responden mengalami gejala depresi, 44% mengalami gejala kecemasan, dan 34% mengalami insomnia. 

Namun, sebagian besar ngga bisa mencari bantuan untuk menangani masalah kesehatan mental mereka karena ngga memiliki waktu untuk menemui psikolog atau terapis. Intensitas dan jam kerja yang tinggi, serta adanya peraturan untuk isolasi akan menyulitkan tenaga medis untuk bisa konsultasi

Oleh karena itu, Ibunda.id sebagai sebuah startup layanan kesehatan mental profesional berbasis inovasi teknologi di Indonesia menginisiasi sebuah gerakan untuk mendukung para nakes dalam gerakan #NakesTetapSehatMental. #NakesTetapSehatMental ialah layanan konseling 1-on-1 dengan psikolog berlisensi secara GRATIS bagi para tenaga kesehatan di seluruh Indonesia. 

Melalui gerakan #NakesTetapSehatMental, diharapkan dapat menjadi bentuk dukungan psikologis bagi para pahlawan garda terdepan di seluruh Indonesia dalam berjuang melawan pandemi Covid-19. 

Ibunda.id juga turut mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk mengirimkan doa dan dan dukungan melalui media sosial dengan menggunakan #TerimaKasihNakes.  Bahu-membahu, mari kita dukung saudara-saudari kita para tenaga kesehatan di Indonesia untuk tetap sehat mental dalam berjuang memutus mata rantai pandemi Covid-19.

 


Tanggapan mereka