Masalah Diri

Ternyata Ini Faktor Artis Pakai Narkoba

Oleh Fx Dimas

Belakangan ini sering sekali kita melihat semakin banyak selebritis yang tertangkap karena menggunakan narkoba. Sebenarnya ada berbagai alasan mereka menggunakan narkoba, mulai dari stres atau bahkan sekedar coba-coba. Perlu kamu tau adiksi narkoba itu bisa terkena siapa saja dari berbagai kelas sosial lho. Namun, mungkin banyak sisi gelap di dunia selebritis yang menyertai ketenaran mereka yang tidak kita ketahui. Ditambah lagi, internet termasuk media sosial juga memperlihatkan selebriti lebih rentan kecanduan narkoba daripada orang awam. Kenapa ya banyak artis menggunakan narkoba? Bagaimana dari sudut pandang psikologi? Yuk, simak jawabannya bersama psikolog Anindya Jati Andri!

 

Mendapat tekanan

Menjadi sorotan publik dalam berbagai hal yang kita lakukan itu enggak mudah lho. Mereka ditutut untuk terlihat sempurna. Apalagi di dunia maya, dimana mereka mudah dicari dalam hitungan detik. Tak jarang orang-orang memberikan penilaian dan kritik untuk mereka. Ketika seorang artis menjadi sebuah sorotan orang banyak, mereka akan berusaha memberikan yang terbaik dan selalu berusaha mendapatkan pujian.

 

Mulai kelelahan untuk tampil sempurna

Ketika seseorang merasa berada di bawah tekanan dan harus terlihat sempurna secara terus-menerus, ada waktunya ia akan merasa lelah dengan  semua ini. Lalu mereka akan mulai menujukkan sisi buruk mereka, yang sebenarnya bagian dari diri mereka sendiri. Dalam psikologi biasanya hal seperti ini disebut sebagai ego-depletion.

 

Stres dijadikan pusat perhatian

Satu lagi nih yang menjadi sebuah tekanan untuk seorang artis yaitu selalu menjadi pusat perhatian. Padahal ada kalanya lho, mereka ingin merasa sendiri dan enggak terus menerus menjadi pusat perhatian. Stres akan hal ini pasti pernah dirasakan oleh setiap artis. Tak jarang mereka mengalami kesulitan mengatasi stres dalam dirinya. Salah satu tindakan yang dilakukan ketika mereka sedang ada di bawah tekanan, seperti menyalahgunakan obat-obat terlarang untuk menenangkan diri mereka sendiri.

 

Dorongan dari sesama artis

Lingkungan yang salah bisa membuat seseorang jatuh ke dalam hal-hal negatif. Dorongan dari sesama artis untuk menggunakan narkoba pasti menjadi tekanan tersendiri. Takut dianggap tidak asyik atau tidak keren ketika tidak ikut menggunakan narkoba, dapat menjadi kesulitan tersendiri untuk menolak ikut menggunakannya. Untuk itulah dibutuhkan kepercayaan diri untuk tegas mengatakan tidak.

 

Nah, sekarang kamu tau bahwa sebenarnya artis pasti memiliki alasan atau tekanan saat menggunakan narkoba. Bahkan, mungkin mereka berada dalam tekanan yang cukup berat. Untuk itu penting banget ketika sedang stres atau tertekan dibutuhkan tempat yang tepat dalam mencurahkan permasalahan yang ada. Yuk, mulai cari penanganan atas permasalahanmu dengan cara yang tepat.


Tanggapan mereka