Masalah Diri

Tipe-tipe Kepribadian DISC, Kamu yang Mana?

Oleh Salsabila Ainurrohman

Kepribadian orang itu unik dan sangat beragam. Mungkin jenis kepribadian yang paling umum kita ketahui adalah si introvert yang doyan sendiri, dan si ekstrovert yang doyan di tempat rame yang bisa dilihat lewat test kepribadian MBTI. Tapi ternyata nggak hanya itu, ada juga tipe kepribadian yang lain salah satunya kepribadian DISC. Apaan tuh kepribadian DISC? Kaset?

 

Buat kamu yang udah familiar dengan dunia per-psikologi-an pasti udah nggak asing lagi dong dengan tipe-tipe kepribadian DISC. Jadi, DISC adalah singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Conscientious, salah satu tes kepribadian yang biasanya banyak digunakan di perusahaan-perusahaan saat proses rekrutmen. 

 

BACA JUGA: Cara Bahagia di Kantor Buat Orang Sensitif

 

Teori yang dikembangkan sama William Moulton Marston ini digunakan untuk membantu memahami gimana sih seseorang ketika bereaksi terhadap sebuah situasi di tempat kerja. Lewat test ini juga seseorang jadi bisa lebih mengenal dirinya sendiri dan membantu dalam proses komunikasi biar nggak negative thinking melulu sama orang lain. Nah, jadi bedanya tipe-tipe kepribadian DISC itu apa sih? 

 

Dominance 

 

Seorang yang tipenya dominance, seperti namanya, orangnya cenderung dominan dan tegas. Dia adalah sosok pemimpin yang independen, problem solver, dan biasanya kurang suka sama kerjaan yang itu-itu aja. Kalau di acara kepanitiaan gitu, dia biasanya suka ditempatkan dalam posisi strategis karena dia suka memimpin dan nggak takut berkonflik. Hanya saja orang yang dominan ini cenderung nggak sabaran dan keras kepala. 

 

Influence

 

Seorang yang influence biasanya adalah orang yang ekstrovert, emosional, antusias, dan super ramah. Orang yang termasuk dalam tipe influence ini juga biasanya kurang suka kerjaan yang sistematis dan membutuhkan ketelitian. Dia biasanya lebih suka sama hal-hal baru yang menantang dan ketemu banyak orang baru. 

 

Steadiness

 

Beda dengan tipe influence yang penuh semangat, orang yang tergolong tipe steadiness biasanya orangnya santai, stabil, dan easy going. Dia adalah seorang pendengar yang baik dan nggak suka konflik. Tipe steadiness juga biasanya nggak suka sama perubahan yang mendadak, lebih memilih berada di zona nyaman.

 

Conscientious

 

Tipe DISC yang terakhir, conscientious ini kebalikannya sama tipe influence, dia suka banget sama kerjaan yang membutuhkan ketelitian. Orangnya juga cenderung perfeksionis, teratur, punya standar kerja yang tinggi, pokoknya cermat banget. Tapi, biasanya tipe conscientious kesulitan bekerja di bawah tekanan, dan nggak berani ambil resiko. 

 

Nah, itulah tipe-tipe kepribadian DISC. Jadi, kamu yang mana? Kalau kamu belum tau kamu termasuk tipe yang mana, kamu bisa lho coba tes kepribadian DISC online. Dengan mengenal DISC ini, kamu jadi bisa lebih mudah buat mendeteksi potensi diri dan menemukan jenis pekerjaan yang cocok buat kamu. 

 

Kenali DISC Kamu Di Sini


Tanggapan mereka