Keluarga

Tips Berpikir Positif

Oleh Ibunda Official

Tips Berpikir Positif - Pernahkah anda mendengar bahwa tidak semua penyakit disebabkan lingkungan yang tidak sehat? Justru yang memberi pengaruh besar adalah bagaimana kondisi pikiran dan alam bawah kita. Tak sedikit juga pasien yang sembuh dikarenakan pikiran positif yang mereka hasilkan. Ada banyak pengaruh dan efek besar dari pikiran yang positif. Sayangnya tak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Lalu bagaimana tips berpikir positif yang bisa kita lakukan? Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa lingkungan di sekitar kita juga memiliki andil terhadap kondisi mental kita.

Seringkali seseorang khawatir terhadap anggapan orang yang ada di sekitarnya. Dari sinilah bermula perasaan atau pikiran negative tercipta. Tentu hal ini sebaiknya segera diminimalisir dan menghilangkan kebiasaan tersebut. Berpikir positif tidak hanya baik untuk diri kita secara mental namun juga baik untuk kesehatan kita. Berikut ini beberapa tips berpikir positif yang bisa kita lakukan mulai dari sekarang.

12 Tips Berpikir Positif

1. Gunakan Kata-Kata Positif Saat Berbicara

Tips berpikir positif yang pertama adalah menggunakan kata-kata positif saat berbicara. Jika anda terus menerus mengatakan pada diri sendiri bahwa tidak bisa maka hal itu bisa membuat konsentrasi anda terganggu dan terwujud seperti yang anda yakini. Tetapi, anda bisa mengganti kata tersebut dengan lebih positif seperti mengatakan pada diri sendiri bahwa anda telah melakukan yang terbaik. Meski dengan cara tersulit sekalipun, usaha yang telah anda lakukan perlu dihargai dan pasti memberi hasil terbaik.

2. Minimalkan Perasaan Negatif

Berikutnya, tips berpikir positif adalah meminimalkan perasaan negatif. Sebaiknya tidak membiarkan pikiran dan juga perasaan negatif bisa membanjiri anda ketika merasa sedih. Sekalipun hanya beberapa jam sehari saja, hal ini tidak baik untuk diri sendiri. Hindari pikiran negatif dan cobalah untuk tetap fokus pada hal-hal baik di dalam kehidupan anda.

Minimalkan perasaan negatif untuk menjadi pribadi yang lebih optimis. Cara sederhana ini tergolong ampuh untuk mengubah mindset kita selama ini. Apa-apa yang belum terjadi tak perlu dikhawatirkan berlebihan. Perasaan negatif tidak akan muncul jika kita memiliki rasa optimis dan berserah diri.

3. Gunakan Kata yang Membangkitkan Semangat

Cobalah untuk mengisi pikiran dengan kata-kata yang membuat anda merasa lebih kuat. Juga membuat merasa bahagia, mampu mengendalikan hidup dan lain sebagainya. Usahakan untuk tetap konsenstrasi dan fokus terhadap kata-kata yang positif. Bukan kata-kata yang hanya akan membuat diri menjadi down serta gagal atau tidak kompeten.

Biasanya hal ini terjadi ketika kita gagal dalam masalah pekerjaan ataupun ujian sekolah. Tahukah anda bahwa berbicara baik kepada diri sendiri itu perlu? Tak usah menyesali apa yang sudah terjadi dan jadikan kegagalan sebagai salah satu pembelajaran ke depannya. Tips berpikir positif ini memang terlihat mudah tetapi jika tidak dibiasakan tentu akan terasa begitu sulit.

4. Berlatih dengan Kata-Kata Penegasan Positif

Salah satu latihan untuk bepikir positif adalah berlatih menggunakan kata-kata penegasan yang positif. Ulangi kalimat positif pada diri anda secara teratur. Misalnya saja seperti saya pantas untuk hidup bahagia, saya layak untuk dicintai dan lain sebagainya. percaya bahwa penegasan ini benar akan membantu anda untuk memberi pandangan hidup yang lebih positif pula.

5 Arahkan Pikiran Anda

Teknik yang satu ini seringkali digunakan oleh psikoterapis yang mana membantu anda untuk mengendalikan pikiran saat mulai merasa sedih atau cemas. Tetaplah membuat perasaan dan otak kita berbahagia. Berikan citra positif atau beri umpan balik yang positif untuk menjaga perasaan. Dengan begitu, anda bisa mulai untuk selalu berpikiran positif apapun keadaannya.

6. Percayalah Akan Keberhasilan

Percaya terhadap keberhasilan tentu akan memberi anda sebuah harapan tiap harinya. Tips berpikir positif ini bisa dimulai ketika bangun tidur di pagi hari. Percaya bahwa apa yang anda impikan dan usahakan bisa tercapai. Pikirkan dalam benak anda apakah ada sebuah keuntungan dari perasaan ragu? Tentu hal ini bisa membuat diri kita sendiri menjadi tersakiti. Mempercayai bahwa anda akan berhasil dan memenuhi tujuan anda akan membawa efek yang bagus untuk kesehatan mental kita.

7. Analisis Kesalahan yang Terjadi

Tips berpikir positif berikutnya adalah menganalisis kesalahan yang terjadi. Berpikir positif bukan berarti menyangkal bahwa ada sesuatu yang salah melainkan kemampuan kita untuk tahu apa saja yang baik dan tidak baik. Berikan pada diri anda sendiri hal-hal yang mengarah pada situasi anda saat ini yang membuat kita mampu untuk menghindari kesalahan di masa depan. Lihat ke arah yang lebih positif lagi.

8. Beri Pujian pada Diri Sendiri

Saat kita merasa frustasi atau kesal, seringkali kita hanya berkonsentrasi pada hal buruk atau kesalahan yang sudah dibuat. Cobalah untuk memberi pujian pada diri sendiri untuk apa yang sudah dilakukan dengan benar. Biarkan diri anda merasa yakin atas apa saja yang sudah anda capai. Bahkan jika memang tak sengaja mengacaukan sesuatu maka tak perlu merasa terpuruk tetapi temukan hal positif di dalamnya.

9. Maafkan Diri Sendiri

Tips berpikir positif dengan memaafkan diri sendiri adalah yang harus anda perhatikan dengan betul. Keadaan tidak bisa dan tidak akan berubah jika terus menerus menyalahkan diri sendiri. Katakan pada diri sendiri bahwa anda telah dimaafkan atas kesalahan anda dan biarkan diri sendiri untuk melanjutkan kehidupan. Memaafkan diri sendiri menjadi hal yang patut untuk dilakukan tiap harinya.

10. Belajar dari Masa Lalu

Seperti orang lain bilang bahwa yang lalu biarlah berlalu. Masa lalu ada di belakang kita dan tidak peduli seberapa parah keadaan kita pada masa lalu. Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mengubah masa lalu karena sudah berlalu. Kapanpun anda merasa pikiran negatif muncul maka gantilah dengan pikiran yang positif tentang masa depan yang lebih baik. Karena sebaik-baiknya pembelajaran tentu lebih baik belajar dari masa lalu dan pengalaman kita.

11. Syukur Tiap Hal

Tidak masalah jika ada beberapa hal buruk yang terjadi. Karena hidup tak akan selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sebaiknya yang dilakukan adalah bersyukur dan melihat apa yang telah kita capai. Tips berpikir positif ini akan memberi anda rasa tenang dan damai di dalam hati. Mensyukuri tiap hal yang terjadi menghapus rasa iri dan dengki di dalam hati kita.

12. Berolahraga

Meski tergolong sebagai aktivitas fisik, berolahraga memang mampu menciptakan pikiran positif pada diri kita. Olahraga secara rutin tidak hanya baik untuk fisik namun juga mental dan rasa percaya diri. Pilih olahraga yang anda sukai agar mampu membuat diri kita menjadi lebih bahagia. Menjaga kesehatan dengan berolahraga dan juga menanamkan pikiran positif.

Berapapun tips berpikir positif yang anda miliki tidak akan berhasil jika tidak percaya pada diri sendiri bahwa anda mampu mencapai apa yang diinginkan. Pikiran positif datang dari dalam diri kita. Jika tidak dibiasakan maka bukan tidak mungkin kita menjadi pribadi yang buruk.


Tanggapan mereka