Percintaan

Tips Cari Pacar Di Dunia Maya

Oleh Fx Dimas

Siapa nih yang masih suka cari-cari pacar di dunia maya? Pasti kamu pernah dong iseng cari pacar entah lewat media sosial atau aplikasi dating. Banyak aplikasi dating yang memudahkan orang menemukan pasangan, mulai dari aplikasi paktor, ok cupid, hingga aplikasi tinder yang dipakai sejuta umat. Tujuannya sih udah pasti ya, apalagi kalau bukan untuk mengakhiri kejombloan.

Emang lagi jamannya sih ya dapat pasangan dari dunia maya, udah mudah terus murah lagi. Tinggal duduk atau tiduran ngeliat layar handphone, eh ketemu inceran baru. Bahkan ada juga lho yang hampir menikah cuma gara-gara cari pasangan di aplikasi dating. Itu dari sisi yang berhasil menemukan pasangan, ada juga lho orang-orang yang gagal dan bermasalah. Maka dari itu, kalau kata Psikolog Dessy Ilsanty sih perlu adanya cara aman ketika kamu lagi berusaha mencari pacar di dunia maya. Apa aja sih tips amannya? Yuk cari tau!

Dunia maya hanya “pintu”

Ingat ya, hanya sebatas  “pintu”. Sah-sah aja kok mencari pacar di dunia maya, cara seperti ini bisa jadi salah satu alternatif mendapatkan jodoh kan? Namanya juga usaha. Tapi ingat ya, dunia maya itu hanya membukakan dan mendekatkan kamu dengan si calon pacar. Ketika kamu mendapat sosok yang pas, jangan senang dulu. Masih banyak langkah yang harus kamu jalani. Jangan ujung-ujungnya malah kamu merasa nyaman dan terus terjebak sama kisah cinta yang hanya terjadi di dunia maya. Masa mau punya pacar, tapi enggak pernah ketemuan secara langsung.

Lakukan pertemuan

Namanya juga kenalan lewat dunia maya, pasti perlu dong yang namanya ketemuan atau istilah kerennya sih kopi darat. Untuk melihat karakter asli seseorang, jangan hanya terpacu dari cara dia berinteraksi di dunia maya ya. Sudah pasti perlu adanya pertemuan secara langsung. Dari pertemuan ini, kamu bisa lho melihat karakter si Dia mulai dari caranya berkomunikasi, raut mukanya hingga caranya bersikap. Nah, setelah kopi darat baru deh kamu bisa menilai si Dia sepenuhnya. Kamu juga bisa langsung memutuskan untuk melanjutkan hubungan ini atau enggak.

Cek informasi yang didapat

Ketika sudah melakukan pertemuan pertama, perlu nih melakukan step berikutnya. Coba deh untuk cek semua informasi yang kamu dapat ketika berinteraksi dengannya di dunia maya. Cari tau seluruh kebenarannya ya. Bukannya mau berpikiran negatif dan enggak percaya sama si Dia ya, tapi ada baiknya lho untuk kamu bersikap waspada. Namanya juga kenal di dunia maya kan, jadi perlu cari tau lebih dalam lagi. Belum tentu perkataannya di dunia maya sesuai dengan kenyataanya. Jadikan beberapa kasus di luar sana sebagai pembelajaran untuk kamu ya. Intinya sih, jangan sampai kamu terjerumus bersama orang yang salah.


Tanggapan mereka