Percintaan

Tips Jomblo Bahagia di Hari Valentine

Oleh Salsabila Ainurrohman

Ketika setiap pasangan romantis di seluruh dunia lagi cayang-cayangan di hari kasih sayang 14 Februari, situ sendirian aja mojok di kamar? Eits, jangan sedih. Sendiri ngga se-menyedihkan itu kok. Justru ada banyak faedah psikologisnya loh. Kamu masih tetap bisa jadi jomblo bahagia di hari valentine ini.

 

Melansir dari Psychology Today nih, orang jomblo juga punya resiko bahagia yang sama seperti orang yang punya pasangan. Bahkan risetnya menyebutkan kalau orang yang jomblo lebih bisa menjaga emosinya dibandingkan orang yang berpasangan. Udah gitu, bukannya kalau lagi jomblo kita jadi bisa lebih fokus untuk ngembangin diri menjadi lebih baik? Entah itu dari pendidikan, karir, skill, dan yang lain-lainnya. Jadi mau ngapa-ngapain aja bebas, ngga perlu izin siapa-siapa.

 

Nah, terutama di hari valentine yang identik banget dengan nuansa romantis, bukan berarti ini waktu yang tepat buat jomblo meratapi kehidupan single nya. Psikolog Pingkan Rumondor, M.Psi punya beberapa tips supaya kamu bisa menikmati hari kasih sayang dengan bahagia meskipun lagi jomblo.



Buat Surat Cinta

 

Kasih sayang itu ngga harus sama pasangan aja lho, tapi buat diri sendiri juga penting banget. Coba deh, jadi sahabat terbaik untuk dirimu sendiri. Caranya gimana? Tulis surat cinta buat diri kamu. Terdengar aneh? Jangan salah, cara ini bisa banget bikin kamu lebih mengenal diri kamu, dan tentunya lebih menghargai diri kamu sendiri.

 

Pertama, tulis dan jabarkan perasaan kamu. Apakah kamu merasa sedih, galau, bahagia, baik emosi positif, atau negatif, apapun itu, akui perasaan itu dan ungkapkan semuanya. Setelah selesai menulis bagian ini, tarik napas panjang, hembuskan dan coba diam sejenak untuk mengatur napas.

 

Nah, di bagian kedua: coba bayangkan sahabat terbaikmu. Apa yang akan ia katakan kalau mengetahui perasaan-perasaanmu? Lalu coba tuliskan, kata-kata yang menenangkan layaknya seorang sahabat. Ibarat seperti membalas surat dari seseorang yang lagi pengen curhat. Setelah selesai, tarik napas lagi, lalu hembuskan. Tinggalkan sejenak surat itu, tunggu beberapa saat. Lalu baca dari awal sampai akhir.

 

Gimana rasanya? Nikmati perasaan nyaman bahwa ada orang yang peduli padamu. Ya, orang itu adalah dirimu sendiri.

 

Berkumpul dengan Teman Dekat

 

Single di hari Valentine? Kamu ngga sendirian, besar kemungkinan ada teman kamu yang juga single. Atau ada teman kamu yang lagi LDR dan ngga sempet buat berduaan sama pasangannya, ajak dia juga bisa banget tuh buat kumpul dan quality time bareng-bareng. Alternatif lainnya, kamu juga bisa mengajak orang tua, kakak, adik, atau kakak-adik ketemu gede untuk menghabiskan waktu bersama.

 

Saatnya Self-Care

 

Single bukan berarti merana lho! Justru kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu suka. Misalnya, kamu bisa menghabiskan waktu seharian di spa, menonton serial favorit, pertandingan bola tim favorit yang sempat terlewatkan, atau membaca buku sambil duduk di pojok ternyaman dalam kamarmu. Apa pun itu aktivitas yang kamu sukai dan bisa naikin mood kamu.

 

Berpikir Lebih Terbuka dan Realistis

 

Sekali lagi, ingatlah, Hari Valentine adalah hari yang biasa aja seperti hari-hari pada umumnya. Justru sebaiknya kasih sayang dirayakan tiap hari, dan menunjukkan rasa kasih sayang ini ngga hanya bisa ke pasangan doang. Ada yang jauh lebih penting, seperti ke sahabat, keluarga, dan tentunya diri sendiri.

 

Jadi, it's okay to be single on Valentine's Day. You are not alone, you can choose to be happy today :)

 

Nah, itulah beberapa tips jadi jomblo bahagia di hari valentine. Jadi, jangan galau-galau gara-gara single ya? Buat kamu yang di hari valentine masih merasa hampa dan butuh teman curhat, Ibunda siap sedia menemani kamu kok. Kamu bisa curhat online gratis sama ibunda di www.ibunda.id. Yuk curhat yuk!


Tanggapan mereka