Masalah Diri

Tips Lepas Dari Kecanduan Pornografi

Oleh Salsabila Ainurrohman

Ada banyak cara yang dilakukan seseorang ketika mengalami stress, dari mulai melakukan kebiasaan positif yang meningkatkan mood, sampai hal-hal negatif yang justru ngga baik buat dirinya. Menonton konten pornografi misalnya. Ngga jarang akhirnya seseorang yang secara terus-menerus membiarkan dirinya terpapar konten pornografi ketika dia stress jadi ‘kecanduan’, apalagi dengan mudahnya akses internet, bikin akses ke konten pornografi juga makin mudah. ‘

 

Dampaknya? Riset menunjukkan, kecanduan pornografi bisa menyebabkan gangguan secara psikis, fisik, sampai ke fungsi sosial seseorang. Ketika seseorang menonton konten porno, tubuh melepaskan neurotransmitter dan hormonal yang bisa berakibat buruk untuk otak. Sedangkan secara psikologis, akses konten pornografi yang berlebihan bisa menyebabkan seseorang jadi susah berkonsentrasi, selalu merasa bersalah, sampai memperburuk hubungan sosial.

 

Salah satu psikolog klinis iBunda, Pingkan Rumondor S.Psi, M.Psi. menyebutkan, ‘kecanduan' pornografi adalah kondisi saat seseorang merasa tidak bisa mengontrol keinginan untuk menonton film porno, meskipun sudah berusaha mengontrol, tetap gagal, hingga akhirnya merasa bersalah setelah melakukan, dan terganggu secara signifikan dalam kehidupan sehari-hari, dan hubungan yang dijalani.

 

Tentu ngga nyaman dong ketika setiap harinya aktivitas kamu terganggu karena hal ini? Nah, psikolog Pingkan Rumondor juga punya beberapa tips buat kamu ketika kamu terjebak dalam kebiasaan menyaksikan konten pornografi.

 

Sadari dan Akui

 

Pertama, kamu perlu sadari dan akui dulu masalah yang kamu alami. Langkah ini penting banget, karena seperti halnya kecanduan obat, kecanduan pornografi juga membutuhkan penanganan yang tepat dan segera.

 

Pahami Situasi dan Kenali Diri

 

Kenali situasi kamu, hal apa sih yang memicu kamu untuk melakukan masturbasi atau menonton porno? Pahami juga pikiran apa yang memicu menonton porno atau marsturbasi? Kamu bisa membuat urge diary atau catatan mengenai kapan saja dorongan tersebut muncul, seberapa besar dorongan tersebut muncul, dan apa yang kamu lakukan ketika dorongan itu muncul. Isilah catatan tersebut setiap hari. Setelah itu, kenali nilai pribadi kamu dan pikirkan: apakah menonton porno sesuai dengan nilai pribadi kamu?

 

Seringkali perilaku menonton porno atau masturbasi adalah sarana melarikan diri dari pikiran-pikiran negatif tentang diri sendiri. Misalnya saat berpikir "saya gak cukup baik/I'm not good enough" maka pelarian yang dilakukan ialah dengan menonton porno.

 

Tentukan Batasan

 

Tentukan batasan mengenai perilaku seks yang wajar (jenis dan frekuensi menonton porno/masturbasi), yang ingin ditinggalkan dan area abu-abu. Lihat lagi catatan tentang dorongan, dan coba isi catatan tersebut dengan perilaku yang lebih sesuai dengan nilai kamu. 

 

Diskusikan dengan Pasangan

 

Buat kamu yang sudah punya pasangan halal, diskusikan jenis dan frekuensi menonton porno yang wajar bagi kalian berdua, dan diskusikan juga bagaimana pasangan dapat membantu pemulihan dari pornografi berlebihan. 

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika mengalami ‘kecanduan’ pornografi atau masturbasi. Cobalah perlahan-lahan untuk mengubah kebiasaan menonton pornografi dengan hal-hal lain yang lebih positif. Misalnya, ketika dorongan tersebut muncul kamu bisa cari kegiatan lain untuk mengalihkan fokus kamu. Pergi keluar rumah misalnya, mengobrol dengan teman, atau beres-beres rumah biar waktu luang kamu lebih berfaedah.

 

Kalau kamu merasa masih kesulitan dalam mengendalikan ‘kecanduan’ kamu ini, ngga ada salahnya lho coba konsultasi ke psikolog atau psikiater. Dengan diskusi lebih intens bersama pakar, maka jalan keluar kamu dari kebiasaan buruk tadi tentu bisa lebih mudah dan cepat. Ngga usah takut atau malu buat cerita keresahan kamu ke ahlinya, karena hasilnya nanti kamu bisa meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik dan mental yang sehat juga. Setuju? 


Tanggapan mereka