Keluarga

Tips Menghadapi Orang Tua selama #DiRumahAja

Oleh Desi Wulandari

Pandemi membuat kita gak punya pilihan selain #dirumahaja. Kebanyakan orang mungkin merasa momen ini adalah momen langka dan menyenangkan, karena jadi bisa berlama-lama sama keluarga. Tapi ternyata, banyak juga yang justru merasa gak nyaman harus 24 jam berada bersama keluarga khususnya orang tua. Kadang orang tua malah jadi sumber stres, sehingga membuat waktu di rumah jadi terasa berat.

Nah, di tengah situasi yang diluar kendali kita, ternyata kita bisa lho memperbaiki hal yang memang bisa kita kontrol yaitu memperbaiki hubungan dengan orang tua. Caranya gimana? Bersama psikolog klinis Dessy Ilsanty, ibunda.id habis membahas tentang hal ini nih, tentang gimana caranya supaya kita tetap bisa menjalin atau memperbaiki hubungan dengan orang tua ketika self quarantine #dirumahaja. 

Belajar Berempati 

Pahami bahwa ternyata ngga mudah menjadi orang tua. Toh bagaimanapun juga mereka adalah manusia biasa yang melakukan kesalahan. Menjalani kehidupan sebagai orang tua juga ngga membuat mereka jadi ahli, tetap saja selalu belajar tanpa henti. 

Jangan Gengsi untuk Memulai 

Kita harus mau belajar untuk menyalurkan emosi positif ke mereka. Jangan sampai maunya kita terus yang diberikan kasih sayang dan perhatian lebih dulu. Ego “kenapa harus saya duluan yang mulai” ada baiknya dikesampingkan terlebih dahulu. Karena kalau saling tunggu, kapan hubungannya jadi lebih baik? 

Jangan Berusaha Menggurui 

Nah, cara pendekatannya adalah bukan dengan cara menggurui atau mengatur mereka supaya bersikap sesuai dengan apa yang menurut kita benar. Namun coba dengan cara seperti mengatasi anak kecil, karena ada ungkapan bahwa manusia yang bertambah tua justru kembali bersikap seperti anak kecil. Beri pengertian dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. 

Melakukan Kegiatan Bersama

Coba cari kegiatan #dirumahaja yang bisa dilakukan buat meraih satu tujuan yang sama dan hasilnya bisa dinikmati bersama antara kamu dengan orang tua. Misalnya, belajar memasak makanan favorit kalian bisa jadi salah satu cara mempererat hubungan kamu dengan orang tua di rumah.

Itulah ringkasan obrolan serunya Ibunda.id bareng psikolog klinis Dessy Ilsanty tentang bagaimana membangun dan memperbaiki hubungan yang lebih dekat dengan orang tua. Buat yang ingin tahu tips lebih lengkapnya, kamu bisa tonton videonya di bawah ini. 

#SEHATMENTALDIRUMAH: REBUILD RELATIONSHIPS WITH PARENTS DURING COVID? IS IT POSSIBLE?


Kalau kamu merasa hubungan dengan orang tua tidak berjalan baik sehingga membuat kamu tertekan, kamu juga bisa berkonsultasi di dengan psikolog ibunda.id di sini. Semoga membantu!

 


Tanggapan mereka