Percintaan

Tips Menghadapi Pacar yang Terlalu Baper

Oleh Salsabila Ainurrohman

Pasangan kamu kelewat baper? Sering nangis sama hal sepele, atau terlalu ambil hati dengan apa yang kamu katakan? Bisa jadi dia termasuk Highly Sensitive Person tuh. Gimana ya tips menghadapi pacar yang super baper ini?

 

Menghadapi pacar yang terlalu baper memang seringkali jadi tantangan tersendiri. Jadinya takut salah ngomong lah gara-gara takut nyinggung perasaan dia, nggak jarang juga malah jadi pura-pura biar si dia tenang dan nggak ngambekan. Apalagi, kalau pasangan kamu udah termasuk orang yang highly sensitive, maka kamu perlu buat melakukan beberapa strategi khusus biar hubungan kamu sama si dia terus berjalan mulus. Nah, sebelum ngebahas strategi apa aja nih yang pas buat ngadepin pasangan yang super duper baper, kita kenalan dulu yuk sama definisinya HSP atau highly sensitive person.

 

Jadi, HSP adalah kondisi psikologis seseorang yang punya kepekaan atau sensitivitas berlebih dibandingkan orang lain pada umumnya. Misalnya bisa dilihat dari cara dia merespon, bagaimana cara pandangnya, sampai bagaimana dia menilai diri sendiri maupun orang di sekitarnya. Beberapa ciri yang menunjukkan HSP misalnya, dia cenderung lebih reaktif secara emosional, sering menyendiri, sering kesulitan membuat keputusan, cenderung mudah menangis, dan mudah panik.  

 

Buat kamu yang sering kesulitan menghadapi pacar yang terlalu baper dan termasuk dalam ciri-ciri highly sensitive person tadi, menurut psikolog Pingkan Rumondor ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan.

 

Lakukan Observasi

Observasi di sini bukan macem peneliti di lab yang harus riset pake teori macem-macem, tapi coba buat observasi kecil-kecilan untuk mencari tau lebih dalam kebiasaan pasangan kamu yang baper ini. Coba catat, pada saat situasi apa saja ke-baper-an dia muncul, dan apakah dia hanya sensitif sama diri kamu atau juga sama orang lain.

 

Ajak Ngobrol Baik-baik

Setelah kamu observasi, coba cari waktu di mana pasangan kamu emosinya lagi stabil dan komunikasikan apa yang kamu rasakan. Pertama, tanyakan sama dia apa yang sebenarnya dia pikirkan ketika marah, menangis, atau merasa tersinggung. Ingat ya, ngobrol dengan orang yang super sensitif ini memang butuh banyak sabar, jadi cobalah pilih kata-kata yang tepat saat berkomunikasi dengan dia. Nggak ada salahnya kan? Kalo perlu, kamu juga bisa latihan dulu nih di rumah supaya nggak salah-salah ngomong.

 

Cobalah untuk Memahami Posisinya

Taukah kamu, biasanya orang yang tergolong highly sensitive ini pernah mengalami masa lalu yang traumatis yang akhirnya membentuk dia menjadi seseorang yang super baper ini. Bisa jadi karena dulu pernah ditinggalkan orang terkasihnya, pernah jadi korban kekerasan, atau faktor lainnya.

 

Jadi, tahan dulu, jangan marah atau bahkan menghakimi dia, cobalah pahami apa yang dia rasakan. Tapi bukan berarti dibiarkan lho ya, coba beri dia pengertian dan ungkapkan apa yang kamu rasakan juga, biar sama-sama paham.

 

Buat Komitmen Bersama

Tips berikutnya adalah, buat komitmen bareng-bareng. Pasti capek ya berusaha untuk selalu memahami si dia tapi dia juga nggak berusaha memahami apa yang kamu rasakan? Coba buat komitmen bareng-bareng. Misalnya, buat kesepakatan tentang apa-apa aja hal yang nggak dia suka untuk dibicarakan, begitu pun sebaliknya, biar kamu nya juga nggak tertekan.

 

Temui Profesional

Kalau kamu ngerasa pasangan kamu sulit untuk mendengarkan saran-saran kamu, nggak ada salahnya lho untuk ajak dia ketemu psikolog. Ini nggak hanya membantu menyelamatkan hubungan kamu sama pasangan, tapi juga membantu pasangan kamu untuk mengobati mentalnya yang terlalu baper tadi. Yakin deh, jadi orang baper itu bukan kepengennya dia kok, karena jadi orang baper-an itu nggak enak banget. Tapi ingat juga ya, nggak semua orang baper itu termasuk sebagai highly sensitive person lho ya. Nah ini perlu divalidasi juga dengan konsultasi ke psikolog atau ke psikiater. 

 

Nah, itulah beberapa trik yang bisa kamu lakukan ketika menghadapi pacar yang baper. Mau coba konsultasi gratis dengan counselor terlatih? Ibunda hadir di sini buat kamu. Kamu bisa curhat online gratis sama Bunda di www.ibunda.id atau di LINE @ibunda. Bunda siap jadi pendengar terbaik buat kamu!   


Tanggapan mereka