Keluarga

Tips Menghadapi Pertanyaan “Kapan Nikah”

Oleh Nurwahidah Yuliana

Jodoh memang ditangan Tuhan, tapi pertanyaan “kapan nikah?” ada ditangan orang tua, kakak, adek, om,tante, bahkan temen sendiri.

 

Pertanyaan “kapan nikah” bagi kebanyakan orang bisa jadi hanya basa basi saja. Tapi ternyata pernyataan itu bisa menimbulkan efek yang berbeda-beda dari setiap orang. Bisa positif, bisa juga negatif.

 

Kalau di sisi negatifnya nih, keseringan ditanya kapan nikah bisa bikin orang stress bahkan frustasi, kecewa dengan dirinya sendiri.  Tapi, ada juga orang yang memandang omongan itu sebagai penyemangat buat bisa lebih akrab lagi sama lawan jenis.

 

Intinya sih, terlalu khawatir sama masalah jodoh itu ngga perlu lho. Kalau emang jodohnya udah ada dan pasti, siapa juga yang gak mau cepet nikah? Karena menikah bukan sekedar kata “SAH” yang merubah status yang jomblo jadi udah menikah. Menikah juga gak cuma sekedar pesta haha-hihi kesana-sini semata ya. Semua harus di persiapkan se-matang mungkin.

 

Tapi, kalau udah gedhek banget sama pertanyaan ‘kapan nikah’ yang memborbardir terus menerus, beberapa opsi jawab ‘kapan nikah’ ini bisa kamu coba lho:

 

Iya doain aja ya biar cepet nyusul, aamiin”

“Nunggu di lamar nih, jodohku masih ditangan Tuhan.”

“Emang kalo aku nikah mau ngasih kado apaan?”

“Besok ah nunggu ada nikah masal”

“Iya besok kalo gak ujan”

“Iya besok kalo gak kesiangan”

“Iya besok kalo gak sabtu ya minggu biar rame yang dateng”

“Bulan may, maybe yes, maybe no”

 

Menikah itu hal yang sakral ya untuk kita semua, karena berharap untuk sekali dalam seumur hidup. Jadi jangan terlalu memikirkan perkataan orang lain yang membuatmu jadi kurang percaya diri yaa. Kalau orang lain bilang dengan menikah kehidupanmu jadi berubah, dan kebahagiaan hidupmu bisa jadi lebih lengkap, heloooh bahagia bisa kita dapatkan dimana saja dan kebahagiaan itu kita sendiri yang menciptakan. Menikahlah karena panggilan hati dan waktu yang sudah tepat. Bukan karena ditanyain mulu “kapan nikah”.



Nah, tips menghadapi pertanyaan “kapan nikah”. Buat kamu kesayangan bunda yang mau curhat soal masalah kamu yang ngga nemu-nemu belahan jiwanya, atau masalah apapun di kehidupan kamu, kamu bisa curhat online sama bunda di www.ibunda.id, bunda siap buat jadi temen curhat virtual terbaik untuk kamu!


Tanggapan mereka