A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: meta_image_webinar

Filename: views/header.php

Line Number: 33

">
Percintaan

Tips Mengurangi Kebiasaan Membandingkan Pasangan

Oleh Fx Dimas

Ada yang suka membanding-bandingkan pasangan kamu dengan pasangan orang lain gak nih? Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang sering membandingkan pasangannya dengan orang lain, mulai dari mencari yang terbaik, fisik yang lebih segalanya dibanding si pasangan hingga membandingkan finansial pasangan orang lain.

Lalu kalau ini sudah menjadi kebiasaan yang sulit kamu hilangkan harus gimana ya? Apalagi kebiasaan kamu ini bisa berdampak pada hubungan kalian dan membuat pasanganmu menjadi tidak nyaman. Untuk kamu yang punya kebiasaan buruk “membanding-membandingkan”, kali ini psikolog Felicia Nainggolan dari Personal Growth akan memberikan beberapa tips untuk mengurangi kebiasaan membandingkan pasangan kamu dengan pasangan orang lain.

 

Tampilan luar bisa menipu

Perlu banget nih diingat kalau tampilan luar itu bisa saja menipu, meski bagus di depan belum tentu di belakang sama bagusnya. Apa yang orang-orang perlihatkan kepada orang lain (terutama di sosial media) hanya yang baik-baik saja dan cenderung menutupi hal-hal buruk atau penderitaan di belakangnya. Bagaimanapun setiap orang punya kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Jadi, bersyukurlah dengan apa yang sudah kamu miliki tanpa perlu iri dengan kepunyaan orang lain.

 

Kenali “bahasa cinta” pasanganmu

Setiap orang punya cara yang berbeda untuk mengekspresikan rasa sayangnya. Masing-masing pasangan pasti memiliki caranya sendiri yang tidak dilakukan oleh pasangan lain. Ketika kamu mulai membandingkan pasanganmu dengan yang lain, coba deh untuk fokus dan ingat-ingat kembali apa yang pasanganmu telah lakukan selama ini, jangan apa yang orang lain dapatkan dari pasangannya. Kalau perlu, kamu bisa buat daftar tentang kelebihan yang ada di dalam diri pasangan kamu.

 

Bercerminlah dan lakukan perubahan

Daripada kamu sibuk untuk mencari orang yang tepat untuk dijadikan pasangan, ada baiknya jadilah orang atau pasangan yang tepat untuk pasanganmu sekarang ya. Kamu bisa memulainya dari diri kamu sendiri, tanpa perlu sibuk menuntut pasanganmu untuk berubah. Enggak ada salahnya dong untuk melakukan perubahan dari diri sendiri?

 

Tanyakan beberapa pertanyaan ke diri kamu mengenai hubungan kalian, mulai dari “apakah kamu sudah pernah mengevaluasi diri? Sudahkah kamu menjadi pasangan yang pengertian, penuh perhatian sesuai dengan harapan pasangan kamu?” Pertanyaan-pertanyaan ini setidaknya bisa membuat kamu lebih bercermin tentang hubungan kalian. Kalau ada banyak hal yang belum bisa kamu berikan, ada baiknya lho untuk kamu bisa memperbaiki hubungan kalian tanpa perlu melihat atau membandingkan pasangan orang lain.

 

Nah, itu beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi kebiasaan buruk kamu saat membanding-bandingkan pasangan kamu dengan orang lain. Untuk kamu yang masih sulit mengurangi kebiasaan burukmu, coba deh kamu curhat sama Bunda. Bunda akan sebisa mungkin membantu kamu untuk mengurangi kebiasaanmu ini. Untuk curhat kamu bisa langsung ke website www.ibunda.id atau LINE di @Ibunda.


Tanggapan mereka