Percintaan

Tips Pacaran Langgeng Sampai Nikah

Oleh Salsabila Ainurrohman

Pacaran adalah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu.. maka.. harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab, komitmen, dan keseriusan.

 

Ketika menjalin hubungan romantis dengan lawan jenis, bayangan akan hidup bersama selamanya pasti terlintas di benak. Siapa juga sih yang mau pacaran buat main-main doang? Pasti mau diseriusin kan? Mau kan hidup bahagia selama-lama-lama-lamanya bersama si akang atau si teteh tersayang?

 

Kendati punya visi yang sama yakni langgeng-sampai-kakek-nenek, tapi ketika halangan rintangan membentang, tak jarang membuat pondasi hubungan jadi goyah, hingga akhirnya runtuh bahkan sebelum berdiskusi soal undangan dan catering. Ketika si pacar sudah terbayang bakal jadi pasangan sehidup semati, tapi nyatanya harus terpisah di tengah jalan, maka galau berkepanjangan lah jadinya.

 

Nah, buat kamu yang mau hubungan pacaran langgeng sampai nikah, psikiater Abigail Brenner dari Psychology Today punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Di antaranya:

 

Berkembang Bersama

Siapa pun pasti ingin terus berkembang ke arah yang lebih baik, begitu pun perihal hubungan asmara. Ceritakanlah goals pribadi kamu dalam hidup kepada pasangan, begitu pun sebaliknya. Jangan lupa untuk saling memberikan masukan dan support terhadap apa yang dijalani masing-masing pihak.

 

Ciptakan Memori Bersama

Libatkan pasangan kamu dalam setiap aktivitas atau tindakan penting yang akan kamu lakukan. Selain itu, buatlah rencana perjalanan bersama pasangan untuk sejenak keluar dari rutinitas yang bikin bosan. Lakukan hal-hal yang kalian sukai sama-sama bisa bikin pacaran langgeng sampai nikah lho.

  

Berikan Surprise

Banyak orang pasti suka dong dikasih hadiah? Sekecil apa pun itu, pasti bisa memberikan kesan tersendiri jika diberikan oleh orang terkasih. Ngga usah beli yang mahal-mahal, bisa tiket nonton, setangkai bunga, atau surprise dinner sederhana cukup bisa membuat hubungan kamu makin romantis sama si pacar. Atau bisa juga ngasih surprise lain yang pasangan kamu suka sebagai wujud rasa sayang kamu ke dia.

 

Jangan Pelit Bilang Makasih

Kamu tentu sangat beruntung mendapatkan pasangan seperti pacar kamu sekarang. Bersyukur kan? Harus. Ungkapkan rasa terima kasih kamu ke pacar sesering mungkin. Ngga perlu ngomong secara gamblang, cukup tunjukkan rasa sayang dan syukur kamu lewat tindakan. Misalnya dengan selalu menjadi pendengar yang baik, atau mendukung pasangan dalam meraih mimpinya.

 

Coba Hal Baru Sama-sama

Tentu jadi momen yang takkan terlupakan ketika kamu melakukan hal baru untuk pertama kalinya. Misalnya, mencoba olahraga ekstrem, mencicipi kuliner unik, atau pergi liburan ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Ajak pasangan kamu untuk mencoba hal-hal baru ini bareng-bareng, karena ngga hanya bikin momen makin seru tapi juga bisa memperkuat hubungan kamu sama pacar.

 

Simpan Ponselmu

Ketika lagi dinner berdua, baiknya manfaatkan waktu dengan ngobrol sama pasangan kamu. Ngga buka sosmed ngga akan bikin kamu mendadak kena serangan jantung kan? Faktanya, obrolan langsung lebih bermanfaat meningkatkan kualitas hubungan dibandingkan melalui dunia maya. Jadi, kalau lagi makan berdua mending ponselnya disimpen dulu deh. Update statusnya belakangan aja ya ..

 

Itulah beberapa tips untuk membuat hubungan pacaran langgeng sampai nikah, bahkan sampai kakek-nenek. Memang terkadang ketika hubungan asmara berlangsung lama, ada kalanya deru asmara berkurang, tidak menggebu-gebu seperti ketika pedekate dulu.

 

Tapi ini bukan berarti kamu harus meninggalkan, justru hubungan asmara itu perlu dijaga oleh masing-masing pihak supaya ngga putus di tengah jalan. Dan dalam hal ini, kamu dan pasangan kamu punya peran penting, gimana caranya supaya masing-masing dari kalian saling komit untuk menjaga hubungan sampai usia senja kelak.

 

Kalau pacar lagi nyebelin-nyebelinnya dan kamu bingung harus gimana, temukan solusinya bareng Bunda yuk. Sini share ke Bunda kisah yang bikin kamu resah seharian, bisa kontak via LINE @Ibunda atau curhat aja di web www.ibunda.id.


Tanggapan mereka