Masalah Diri

Tips Tahan Banting Walau Gagal SBMPTN

Oleh Eky Yohana

Hari ini merupakan “moment of truth” bagi para pejuang SBMPTN. Udah sebulan lebih nih.. pasti resah dan gelisah menunggu pengumuman hari ini. Tapi apapun hasilnya bunda yakin kamu sudah melakukannya dengan baik dan sunguh-sungguh. Bagi kamu yang lolos SBMPTN selamat yaa! Bagi yang belum lolos masih ada pintu lain yang terbuka, jangan pernah patah semangat yaa.

 

Sedih sih boleh, tapi alangkah lebih baik jika kamu memiliki kemampuan untuk bangkit dari kegagalan ini, dalam istilah psikologi dikenal dengan istilah resiliensi. Resiliensi merupakan kemampuan seseorang untuk bangkit atau melanjutkan hidup dengan positif dan mengubah keadaannya kedalam kondisi yang lebih baik. Jadi dari pada kamu sedih, yuk simak tips dari bunda!

 

Tetap Tenang

Kamu perlu mengatur emosi kamu walaupun kamu berada di bawah tekanan. Namun, jangan salah paham bukan kamu tidak boleh mengungkapkan rasa sedih, emosi atau rasa bersalah. Karena mengekspresikan emosi dengan cara yang tepat juga termasuk dalam bagian resiliensi lho.

 

Mengontrol Impuls

Apa sih maksudnya ? Artinya kamu mampu untuk mengendalikan dorongan pada diri, misalnya ketika kamu marah atau sedih kamu cenderung berperilaku agresif dan impulsif karena pikiran kamu dikuasi oleh dorongan-dorongan rasa marah dan sedihmu. Nah, ketika kamu mampu untuk mengontrol impuls kamu juga mampu untuk berpikir jernih dan objektif :).

 

Tetap Optimis

Hal ini sih yang paling perlu diingat, karena ketika kamu optimis kamu percaya dan memiliki keyakinan bahwa kamu bisa menghadapi masalah dan kegagalan dan fokus pada keberuntungan di masa depan. Nah, hal ini berkaitan dengan membiasakan diri untuk berpikir positif, jadi kamu dikit-dikit ga menyalahkan diri sendiri dan pesimis terhadap masa depan.



Belajar Dari Kesalahan

Gimana ya caranya belajar dari kesalahan ? Tentunya kamu harus mampu untuk mengontrol diri. Nah, biasanya nih ketika kontrol diri kamu sudah baik, kamu mampu berpikir secara jernih dan dapat menganalisa masalah dengan cermat , sehigga kamu dapat menghindari kesalahan yang sama di masa mendatang.



Nah, diatas merupakan tips buat kamu agar tetap tahan banting walau gagal SBMPTN. Kecewa boleh, namun jangan terlalu berlarut. Masa depan kamu masih panjang, akankah lebih baik jika kamu fokus terhadap masa depan. Nah, kalau kamu bingung kamu harus bagaimana membuat planning setelah gagal SBMPTN kamu bisa lho tanya sama buda ! Yuk cerita sama bunda di www.ibunda.id dan Line @ibunda. Curhat yuk sama Bunda, pasti Bunda cari solusinya! #SpeakUpYourLove with Ibunda


Tanggapan mereka