Masalah Diri

Tips untuk Self-Healing Pasca Trauma

Oleh Eky Yohana

Pernah gak sih kalian dihadapkan dalam suatu keadaan yang mencekam ? Bahkan secara langsung menyaksikan bencana yang melibatkan banyak korban, seperti gempa bumi, tsunami serta yang baru-baru ini terjadi di Indonesia yaitu teror bom oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bukan tidak mungkin kamu akan merasa trauma lho!

Dampak psikologis dari kejadian tersebut adalah mental kamu akan merespon rasa kesedihanmu, cemas, terkejut tidak percaya, sangat marah dan bertanya-tanya kenapa hal tersebut terjadi. Tapi gak selamanya kan kamu berlarut-larut sama kesedihan kamu atau kemarahan kamu. Kali ini, bunda akan coba kasih kamu tips untuk self-healing pasca trauma!

 

Lakukan Hal yg Bermanfaat

Saat dihadapkan dalam situasi yang kurang menyenangkan, atau bahkan membuat kita kehilangan seseorang yang kita kasihi, bukan tidak mungkin hal ini akan berdampak pada keseimbangan tubuh kita lho. Secara tidak sadar, kamu akan merasa takut dan kehampaan yang mendalam sehingga cenderung akan menganggu aktivitas kita sehari-hari. Daripada kamu berlarut-larut dalam kesedihan, kamu bisa melakukan hal yang lebih bermanfaat seperti olahraga, melakukan hobi kamu atau pergi berlibur. Beberapa hal tersebut dijamin ampuh untuk mengalihkan fokus dan perhatian kamu untuk ke arah yg lebih baik.

 

Jangan Menutup Diri

Kamu mungkin ingin merasa tenang dan nyaman dengan menutup diri dari orang lain. Namun, ternyata menutup diri juga bukan jalan keluar lho. Alih-alih menginginkan suasana tenang, malahan kamu cenderung akan merasa sendiri dan tidak ada teman untuk sharing.

 

Mintalah Bantuan

Kamu bisa kok bercerita dengan orang yang kamu percaya dan kompeten seperti konselor mungkin atau orang terdekatmu yang kamu percaya. Mencoba terbuka dengan orang lain akan membuat beban kamu akan terasa lebih ringan lho.

 

Tidurlah dengan cukup

Mungkin setelah trauma atau kejadian yang kurang menyenangkan kamu akan merasa susah tidur. Namun ada baiknya kamu tetap mencoba untuk tidur, karena kualitas tidur yang baik akan membantu kamu dalam menghandle stabilitas emosi kamu!

 

Jauhi Alkohol dan Obat-obatan terlarang

Hal yang paling rentan adalah menggunakan alkohol dan obat-obatan terlarang sebagai alat untuk self-healing. Alkohol dan obat-obatan terlarang malah akan memicu kamu untuk merasa depresi, cemas serta masalah lainnya lhoo.

 

Relaksasi

Coba deh kamu lakukan meditasi, yoga ataupun latihan pernapasan. Kemudian jadwalkan sebagai aktivitas kau sehari-hari. Bila kamu melakukannya secara konsisten bisa membantu kamu untuk mengurangi stres lho.

 

Nah, kamu udah tau kan beberapa tips di atas untuk kamu self-healing. Setelah kamu tau beberapa tipsnya coba deh lakukan tips-tips tersebut secara konsisten. Bunda yakin kamu pasti bisa! Kalau kamu merasa butuh teman untuk cerita, kamu bisa lho di  www.ibunda.id atau LINE @Ibunda. Yuk curhat sama bunda, bunda cari solusinya! #SpeakUpYourLove with Ibunda

 


Tanggapan mereka