Masalah Diri

Tips untuk Tetap Produktif Walau Kerja di Rumah

Oleh Ibunda Official

Sejak internet jadi barang yang lumrah, makin banyak orang yang kerja dari rumah. Baik itu jualan online baik di forum atau di jejaring sosial, maupun freelancer yang bekerja di bidang desain dan jurnalisme. Dan semua yang kerja dari rumah tahu, kalau musuh terbesar kerja dari rumah adalah rasa malas. Kamu dirumah, ngantuk bisa langsung tidur, tv ada di depan kamu, pokoknya semua distraksi yang tidak akan ada kalau kamu di kantor, ada semua dirumah. Nih ada tips buat kamu yang kerja dari rumah.

Atur jam kerja kamu

Oke kamu memang kerja dari rumah, ga ada mesin absen, ga ada bos yang tiap hari ngerecokin kubikal kamu. Tapi kerja dirumah artinya kamu bisa mengatur irama kerja kamu sendiri. Misalnya kerja kantoran itu harus berada di kantor selama 8 jam yang kadang tidak efektif karena dipotong gossip dan tetek bengek lainnya, dengan kerja dirumah, kamu bisa membuat jadwal ketat, sehingga beban kerja 8 jam bisa diselsaikan dalam waktu 2 jam, atau malah beban 8 jam dibagi ke 4 kali sesi 2 jam, kamu bisa kerja pagi, siang, atau malam, semuanya terserah kamu, yang penting deadline terpenuhi.

Keluarga

Orang Indonesia kebanyakan masih tinggal di rumah orang tua meski sudah kerja. Nah di generasi orang tua kamu, ga ada itu yang naanya kerja dari rumah, kerja itu di kantor. Buat kamu yang tinggal bareng keluarga, kamu harus komunikasikan kerjaan kamu dengan keluarga, kalau kamu itu kerja dari rumah, bukan Cuma internetan, stream film kemudian download lagu ilegal. Kamu jelaskan kalau kamu terikat kontrak, kamu digaji, kamu punya deadline, tapi kamu kerja dari rumah, via internet. Kamu juga harus komunikasikan jam kerja kamu, dimana kamu tidak bisa diganggu gugat.

Workplace

Ini juga penting, dedikasikan satu sudut ruangan untuk kerja, tanpa distraksi. Di workplace ini harus ada semua yang kamu butuh untuk kerja, mulai dari segala jenis colokan, sampai ATK. Tau kan ATK apa? Alat tulis kantor? Duh.

Jaga hubungan dengan manusia lain

Kerja dari rumah bisa bikin kamu ogah kemana-mana. karena dirumah aja bisa dapet duit, ngapain lagi keluar lagi dan bersosialisasi dengan manusia lain? Salah. Kamu masih manusia, kamu masih butuh sosialisasi, secanggih apapun teknologi komunikasi, ga ada yang bisa ngalahin komunikasi dengan manusia lain secara langsung.


Tanggapan mereka