Masalah Diri

Ubah Self Hate jadi Self Love

Oleh Salsabila Ainurrohman

Kok kamu nyebelin banget sih? Ngga guna tau ngga. Kok bisa ada orang se menyebalkan kamu? Kamu tuh ngga berharga. Ngga ada kelebihan yang kamu punya. (Ngomong depan kaca).

 

Itu bisa jadi salah satu tanda self hate, atau self hatred, atau self loathing, ya pokoknya intinya benci sama diri sendiri. Pernah ngga kamu merasakan kaya gitu juga? Atau justru ada orang di sekitar kamu yang mengalaminya? Sekarang, udah saatnya ubah self hate jadi self love! Caranya gimana? Ibunda.id udah ngobrol-ngobrol nih sama psikolog klinis Tara de Thouars, B.A, M. Psi untuk mengupas tuntas tentang fenomena self hate. Apa aja ya yang dibahas?

 

Apa itu self hate?

 

Ibaratnya kalo kita benci sama orang, emosi apa aja yang muncul? Kesel, ngga suka, marah, bahkan jijik. Nah bedanya itu ngga ke orang lain, tapi ke diri sendiri. Biasanya cirinya dia ngga pede, sensitif, ngeliat dirinya di kaca itu dia ngga suka, dan cenderung menghindari interaksi sosial. Males ketemu orang karena takut dinilai jelek sama orang lain.

 

Kenapa bisa muncul self hate?

 

Ngga ada orang yang terlahir membenci diri sendiri, tapi itu adalah sesuatu yang dipelajari. Faktornya bisa banyak, bisa dari lingkungan yang sering ngasih masukan negatif, bisa karena trauma, tapi bisa juga dari dalam diri sendiri.

 

Self hate itu gangguan mental bukan sih?

 

Fase ekstremnya akan begitu karena sumber utamanya rendahnya self esteem, jadi lebih rentan untuk punya gangguan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, gangguan makan, sampai adiksi operasi plastik.

 

Apa yang harus dilakukan ketika pemikiran ‘self hate’ muncul?

 

Sadari bahwa ngga ada orang yang sempurna, dan setiap orang punya hal baik yang mereka punya. Seringkali orang yang udah self hatred itu ngga mau nerima kekurangan, tapi ngga mau lihat kelebihannya juga. Kita harus menyadari ada hal baik juga kok yang kita miliki.

 

Gimana caranya ubah self hate jadi self love?

 

Sebelum tidur, coba pikirkan satu hal baik yang dilakukan atau yang terjadi terhadap diri sendiri. Misalnya: hari ini udah nolongin orang nyebrang, se-simpel itu. Juga, bisa dengan menyayangi diri sendiri sebelum tidur. Ucapkan kata-kata pujian ke diri sendiri sambil meluk badan sendiri, ngelus kepala. Bayangkan kalau misal sahabat kita lagi sedih, kita pasti berusaha untuk ngasih semangat. Tapi seringkali kita lupa untuk ngasih semangat ke diri sendiri.

 

Gimana kalau teman kita yang sering self hatred?

 

Support dia, coba untuk sampaikan kelebihan-kelebihan yang teman kita punya. Tapi kalau dia tidak mau menerima, itu bukan sepenuhnya tanggung jawab kita karena dia juga punya tugas untuk naiki diri dia sendiri. Sebanyak apapun orang bilang dia baik, kalau dia belum percaya dirinya baik, ya percuma.

 

Gimana caranya bersikap bodo amat dengan apa kata orang?

 

Rubah apa yang bisa dirubah, tapi terima apa yang ngga bisa dirubah. Misalnya merasa bahwa kulitnya kusam, sedikit bersolek ngga apa-apa selama itu ngga berlebihan. Tapi kalau ada kekurangan yang udah anugerah dari Tuhannya begitu, ya harus diterima.

 

Mengatasi trauma karena body shaming, gimana ya mengatasinya?

 

Kalau udah sampai tahap trauma, itu berarti kejadian waktu itu sebegitu menyakitkan banget sampai menimbulkan kesan mendalam, ngga bisa lupa dan sering keinget-inget. Kalau seperti itu, coba lihat dari sisi yang lebih luas. Sadari kalau diri kita itu ngga cuman terdiri dari penampilan fisik doang, kita juga punya kepribadian, kemampuan, dan sifat yang positif. Ini bisa membantu kita merasionalisasikan kejadian traumatis itu secara lebih positif.

 

Kenapa body shaming itu menyakitkan? Bisa jadi karena apa yang dikata orang lain itu bukan sebuah kebohongan. Tapi karena itu sesuatu yang mau kita umpetin dan malah diomongin orang lain, jadinya ini yang malah nyakitin. Tapi bukan berarti satu kebenaran itu membuat kita harus melihat kita seburuk itu. Jadi perlu rasionalisasi dengan gambaran yang lebih besar dan positif.


Nah, itulah ringkasan obrolan serunya ibunda bareng psikolog Tara de Thouars soal ubah self hate jadi self love. Buat kamu yang mau tau obrolan lebih lengkapnya soal self hate, kamu bisa cek di IG TV nya Ibunda.id di sini yaa. Atau mau curhat soal pengalaman kamu? Kamu bisa juga curhat online gratis di sini.


Tanggapan mereka