Percintaan

Udah Tunangan Tapi Masih Selingkuh

Oleh Fx Dimas

Siapa nih yang lagi menyiapkan segala perintilan pernikahan? Pasti sibuk banget ya karena harus ini itu, mulai dari gedung sampai hidangan makanan pas resepsi nanti. Tak jarang banyak pasangan ketika mendekati hari H, pasti ada aja nih masalah yang terjadi.

 

Dikit-dikit beda pendapat itu sih wajar ya, apalagi setiap orang punya keinginan yang berbeda-beda. Tapi, gimana ya kalau masalahnya udah masuk ke urusan perselingkuhan? Pasti ini bukan hanya menyakiti si pasangan, tapi juga pihak keluarga. Lalu gimana ya mengambil langkah untuk menghadapi pasangan yang selingkuh padahal sudah bertunangan? Kali ini psikolog Anna Dauhan dari TigaGenerasi akan memberikan beberapa langkah untuk mengatasi permasalahan ini.

 

Evaluasi hubunganmu

Enggak ada salahnya kamu dan dia saling mengevalusi hubungan kalian apalagi sudah di di tahap pertunangan. Perbaiki apa yang perlu diperbaiki, jangan ditunda karena ini akan menjadi masalah dalam hubungan kalian ya.

 

Nilailah kesiapan hubungan kamu

Kamu dan pasangan harus menilai kesiapan hubunganmu dan pasangan. Tujuannua agar kalian bisa sama-sama berkomitmen dalam membangun sebuah rumah tangga. Kamu dan dia harus bisa sama-sama berkomitmen dari hal yang sepele sekalipun. Dengan begitu kalian bisa saling mengetahui kesiapan satu sama lain.

 

Intropeksi diri

Lihatlah kembali ke diri kamu sendiri, apakah kontribusimu dalam permasalahan ini? Walau bagi kamu ini kenyataan yang cukup menyakitkan, cobalah untuk tenang agar bisa menilai situasi secara lebih obyektif.

 

Buat keputusan

Ketika masalah ini datang kamu harus bisa memutuskan lho, apa yang akan terjadi pada pertunanganmu. Kamu ingin meneruskan pertunangan ini atau justru tidak.

Jika kamu tetap ingin meneruskan pertungangan ini, meski ia sudah berselingkuh cobalah untuk maafkan dirinya dan fokus dengan rencana kalian ke depan. Gunakan pengalaman ini sebagai pelajaran untuk membangun hubungan yang lebih solid.

 

Berdiskusilah dengan keluarga

Jika kamu tidak ingin meneruskan hubungan ini, coba deh untuk bersikap dewasa karena masalah kalian bukan hanya kalian saja lho. Mengakhiri sebuah pertunangan sudah menjadi ranah keluarga kamu dan dia lho. Jadi enggak ada salahnya untuk menyelesaikan masalah ini secara baik-baik, berdiskusilah dengan keluarga kedua belah pihak. Jangan menunda-nunda keputusan ini karena ketika mendekati hari H akan semakin kompleks masalah dan semakin banyak yang dipertaruhkan

 

Sembuhkan patah hatimu

Memutuskan untuk tidak melanjutkan hubungan kamu dan dia ke jenjang pernikahan pasti cukup berat ya. Apalagi kalau persiapan kalian sudah sangat matang. Jadi untuk mengobati patah hati kamu coba deh untuk menghindari kontak dengan dia, cari teman yang cocok untuk curhat saat curhat menangislah bila perlu, selain itu kamu bisa nih melakukan hal-hal favorit kamu yang membuatmu merasa nyaman dan tenang.

 

Nah, itu beberapa langkah yang bisa dilakukan saat tunangan kamu selingkuh. Bunda yakin kok kamu bisa menyelesaikan masalah ini dengan baik. Untuk kamu yang masih ragu melakukan sesuatu, kamu bisa lho curhat sama Bunda. Ceritakan semua permasalahanmu di www.ibunda.id atau LINE @Ibunda. Yuk, jangan pendam permasalahanmu sendiri karena itu tidak akan menyelesaikan semuanya!


Tanggapan mereka