Kata Bunda

Virus Corona Bikin Cemas, Lakukan TIps Ini!

Oleh Ariffah Nourma Juwita

Akhir-akhir ini berbagai lini massa sibuk memberitakan coronavirus yang tengah melanda di wilayah Wuhan, sebuah kota yang terletak di provinsi Hubei, Cina. Endemi ini dikhawatirkan tak hanya menyebar hingga ke seluruh pelosok negeri Cina aja, tapi hingga ke negara-negara di belahan dunia yang lain. Kita yang tinggal di Indonesia pun ikut merasakan kegemparan dari pemberitaan wabah coronavirus, sehingga muncul macam-macam kekhawatiran dan ketakutan dalam diri kita karena ganasnya penyakit ini. 

Merasa cemas dan khawatir dengan berbagai berita soal n-CoV atau Coronavirus itu wajar kita rasakan, karena memang pemberitaan di media menyebutkan kalau virus ini membahayakan. Apalagi setelah WHO menetapkan kalau virus corona saat ini sudah berstatus darurat global. Tapi, kalau sampai membuat panik berlebihan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, ini tentu perlu dicari jalan keluarnya. Trus, harus gimana dong? Mengutip dari APA atau American Psychological Association, ada 5 tips yang bisa kita lakukan biar gak panik ketika menyikapi berita virus Corona. 

Atur Mindset 

Meski beritanya begitu kencang beredar, jangan buru-buru berpikiran bahwa nyawa seluruh umat manusia sudah berada dalam jangkauan jentikan Thanos. Ternyata, angka persebaran virus ini sendiri masih sangat-sangat rendah di luar Cina. Jadi, setiap membaca berita soal virus Corona yang bikin kamu panik, coba tarik nafas, hembuskan, dan yakinlah kalau semua pasti akan segera membaik.

 

Baca Juga:  Psychological First Aid untuk Korban Bencana

 

Cek Kebenarannya 

Dari banyaknya berita yang berseliweran, terkadang ada beberapa pemberitaan yang kurang sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya terjadi. Itulah kenapa, penting untuk kita selalu pastikan untuk membaca sumber berita yang terpercaya. Untuk menggali informasi dan mengikuti perkembangan virus Corona, salah satu rujukan kredibel yang bisa kalian tuju adalah laman yang dirilis oleh pemerintah Amerika, yakni U.S. Centers for Disease Control and Prevention, atau laman kredibel lainnya di Indonesia. Jangan cuma dari broadcast di grup WhatsApp keluarga aja.

Selain itu, alangkah baiknya untuk menyimak informasi yang terkait virus corona dari kacamata medis, sehingga kita tidak hanya mengonsumsi berita yang berisi spekulasi- spekulasi mengkhawatirkan saja, melainkan lebih kepada edukasi diri tentang virus ini. Oleh karenanya, kita bisa juga lho mencari tahu informasi lebih lanjut langsung dari dokter keluarga atau fasilitas kesehatan yang lain.

 

Baca Juga:  Kenali Tanda Kamu Butuh Bantuan Psikolog

 

Berbagi Informasi secara Bijak 

Jika kamu mendapatkan informasi kredibel tentang virus corona ini, coba komunikasikan kepada kerabat dekatmu sehingga gak akan muncul kesan menakut-nakuti. Terutama untuk anak-anak, peran orang dewasa sangat penting karena kita menjadi salah satu sumber rujukan mereka. Jelaskan secara baik-baik dari sudut pandang positif, serta pastikan bahwa bahasa yang digunakan sederhana dan mudah dipahami. 

Selalu Terhubung 

Pastikan untuk terus terhubung dengan sahabat dan sanak saudara. Membangun support system yang positif dapat mengurangi kecemasan pada diri kita maupun orang lain. Jadi bisa sama-sama saling menenangkan. 

Cari Bantuan Profesional 

Meski kita jauh dari jangkauan virus corona ini, namun apabila kecemasan akan merebaknya wabah ini sampai mengganggu pekerjaan maupun kegiatan sehari-hari kita, jangan sungkan-sungkan untuk berkonsultasi pada pihak profesional. Kamu bisa memanfaatkan layanan konsultasi online yang ditawarkan Ibunda.id dan menceritakan keresahanmu di sana. Dengan demikian, kecemasan berlebih akan penyakit ini dapat teratasi. Mau coba? Cari tau selengkapnya di sini ya.


Tanggapan mereka