Kata Bunda

WMHD 2019, Kampanye Pencegahan Bunuh Diri

Oleh Jemima Christiani Utami

Yes! It is the month for World Mental Health Day (WMHD)! Tema yang diangkat untuk Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh setiap tanggal 10 Oktober  di tahun 2019 ini adalah Mental Health Promotion and Suicide Prevention. Hm.. kira-kira apa ya alasannya?

 

Tahukah kamu bahwa dalam setiap 40 detik ada satu orang meninggal karena bunuh diri? Bunuh diri merupakan penyebab kedua paling besar kematian secara global khususnya pada kelompok usia 15 tahun sampai 29 tahun (World Health Organization, 2019). Indonesia sendiri saat ini menempati rangking ke delapan tingkat bunuh tertinggi di Asia. Saat ini permasalahan mental dan emosional di Indonesia dikatakan menjadi salah satu faktor penyebab bunuh diri (Putra, Karin, & Ariastuti, 2019).

 

Walaupun angka tendensi bunuh diri di Indonesia lebih rendah dibandingkan negara-negara lain, upaya untuk bunuh diri sudah menjadi kekhawatiran bagi masyarakat. Tentunya mencegah lebih baik daripada angka kematian karena bunuh diri terus bertambah, bukan? Terkadang permasalahan yang dihadapi orang-orang yang mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri disebabkan oleh banyak faktor, umumnya adalah permasalahan trauma, hubungan dengan keluarga, kasus dengan teman terkait bullying, pekerjaan, dan persoalan kehidupan lainnya. 

 

Selama ini kita tentu sering mendengar mengenai kasus-kasus bunuh diri yang terjadi seperti dari media sosial, televisi, sampai lewat broadcast grup keluarga di Whatsapp. Atau mungkin ada orang terdekat dan orang yang kita kenal yang ada di dalam berita tersebut. Apakah kita sedih? Menyesal? Ingin memutarbalikkan waktu agar dapat membantu mereka? Terkadang ada orang-orang di sekitar kita yang sedang merasa kesepian, depresi, dan sedang merasa sangat lelah dalam apa yang dialami di kehidupannya tanpa kita sadari memiliki intensi untuk mengakhiri hidupnya. Atau justru kamu yang pernah mengalami hal ini? 

 

Setiap 40 detik nyawa seseorang hilang karena bunuh diri. Di waktu yang sama, 40 detik, kita juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pencegahan bunuh diri. Jadilah pendengar dan support system bagi mereka yang sedang berjuang untuk tetap hidup di tengah berbagai permasalahan hidupnya, dan jika itu kamu yang sedang berjuang, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional. Yakinlah ada banyak pertolongan diluar sana yang bisa kamu raih.

 

Dari kesatuan internasional World Federation Mental Health (WFMH) mengajak kita semua, masyarakat seluruh dunia untuk sama-sama mempromosikan kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri. Di hari Kesehatan Mental pada 10 Oktober 2019 ini, mari kita bersama-sama membantu teman-teman yang memiliki intensi tindakan bunuh diri dengan speak up mengenai isu yang masih sering dianggap tabu ini. Itu karena kematian karena bunuh diri adalah kematian yang sebenarnya dapat dicegah.

 


Reference:

Putra, I. G. N. E., Karin, P. A. E. S., & Ariastuti, N. L. P. (2019). Suicidal ideation and suicide attempt among Indonesian adolescent students. International Journal of Adolescent Medicine and Health, 0(0). doi:10.1515/ijamh-2019-0035 /

Suicide. (2019). World Health Organization. Retrieved from https://www.who.int/health-topics/ suicide#tab=tab_1

 


Tanggapan mereka

ret

sekitar 6 hari yang lalu

Terkadang ada org² depresi yg udah berani cerita ke org lain tapi malah dianggap bersikap berlebihan, itu yg paling sakit sepertinya..

ret

sekitar 6 hari yang lalu

Terkadang ada org² depresi yg udah berani cerita ke org lain tapi malah dianggap bersikap berlebihan, itu yg paling sakit sepertinya..