...
0
0
Masalah Diri , Masalah Emosi

Bagian Paling Menyakitkan Dalam Perjuangan Pulih dari Depresi

avatar Ratri Aisyah 24 Dec 2022 144 Pembaca
24 Dec 2022 144 Pembaca

Gejala depresi yang kita kenal mungkin adalah sedih berkepanjangan, tapi sebetulnya hal tersebut hanyalah bagian kecil dari gangguan depresi. 


Depresi lebih dari sekedar sedih. Seseorang dengan depresi seringkali kehilangan daya dan kendali untuk mengelola rasa sedihnya akibat depresi.


Disamping hal tersebut, faktanya ada banyak hal lain yang seringkali dialami oleh seseorang dengan depresi. 


1. Tidak mampu merasakan rasa senang dan bahagia. 


Bertemu dengan keluarga atau pasangan, mengerjakan hal yang kita suka, atau sekedar makan makanan favorit. 


Bagi orang dengan depresi, bagaimanapun mereka suka dengan hal tersebut, mereka tidak akan mampu memunculkan perasaan senang, dan hanya mampu merasa hampa dan kosong. 


2. Tidak mampu menghentikan pikiran yang menghakimi.


“Kamu bodoh”

“Kamu yang salah”

“Kamu membuat kondisimu menyedihkan”


Saat pikiran mulai menyudutkan dan menghakimi, dan seseorang dengan depresi seringkali tidak berdaya untuk menghentikannya. Sehingga terus tersiksa dalam diam untuk menghadapinya.



BACA JUGA: Suicidal Thoughts dan Suicidal Attempt. Meski Berbeda, Keduanya Tetap Berbahaya



3. Mulai kehilangan diri sendiri.


Depresi seringkali merampas rasa percaya diri seseorang, hingga merampas identitasnya tentang siapa mereka sebenarnya, apa yang mereka suka, dan apa yang mereka impikan. 


4. Rasa benar-benar sendirian. 


Seseorang dengan depresi akan merasakan rasa sepi yang amat dalam. Seolah seperti sedang menghadapi dunia yang hampa dan tidak pernah berpihak pada mereka. 


Depresi sering meyakinkan seseorang bahwa kehidupan saat ini tidak ada bedanya ada tidaknya mereka, dan justru orang lain lebih bahagia tanpa kehadiran mereka. 


5. Hilangnya arah hidup.


Seseorang dengan depresi akan menjalani hari-harinya tanpa arah dan arti. Hingga semua terasa kabur. Bahkan mereka yang mengalaminya tidak akan mampu menyadari sudah berapa lama waktu yang sudah mereka lewati. 



BACA JUGA: Jika Dibiarkan Tak Terobati, Otak Bisa Rusak Karena Depresi



Terakhir dari Ibunda


Depresi saat ini mungkin merampas banyak hal dalam hidupmu dan membuat kamu merasa tidak berdaya. Rasa lelah terus menerus berjuang melawannya, mungkin membuatmu ingin menyerah. 


Tapi, depresi tak seharusnya menang, sebab hidupmu jauh lebih berharga. Jadi, saat ini coba ambil jeda untuk diri sendiri ya. 


Kumpulkan niat kembali untuk bisa pulih dengan dengarkan pesan hangat oleh dr. Jiemi Ardian dalam kelas online psikologi InsightMe yang berjudul:


Overcoming Depression 


Klik disini untuk dapatkan akses kelasnya!


Referensi:

VeryWellMind


Masih Mau Baca-Baca Lagi?
Coba Cek Artikel Ini!

Masalah Diri Alasan Orang Depresi Menghabiskan Waktu Lama untuk Mandi

Pernahkah kamu melihat orang depresi mandi dalam waktu yang lama? Bagi sebagian penderita depresi mereka mungkin kesulitan untuk melakukan pekerjaan k ...

Masalah Diri Mengapa Depresi Membuatmu Ingin Tidur Terus Menerus?

Banyak orang yang berada di sekitar penderita depresi merasa lelah melihat orang depresi terus tidur dalam waktu yang lama. Mereka melewatkan jam maka ...

Masalah Emosi 5 Alasan Mengapa Laki-Laki Memilih untuk Menyembunyikan Emosi

“Jangan nangis, kamu kan laki-laki” adalah salah satu dari banyaknya ungkapan yang ditujukkan untuk laki-laki sedari kecil. Akibatnya, tanpa di ...

Komentar ( 0 )

Silakan verifikasi email '' untuk menggunakan layanan Ibunda.id