0
0
Anak Berkebutuhan Khusus , Gangguan Kepribadian , Hubungan Relasi , Kekerasan Fisik / Seksual , Masalah Diri , Masalah Emosi , Seksualitas

Berdamai Dengan Kesepian, Akankah Semudah Itu?

avatar Athiya Nur Azzahra 24 Nov 2023 1207 Pembaca
24 Nov 2023 1207 Pembaca

Secara umum, kesepian didefinisikan sebagai suatu keadaan di mana kamu sedang sendirian atau menyendiri. Padahal, makna kesepian sebenarnya lebih serius daripada itu.


Kesepian erat kaitannya dengan keadaan pikiran yang membuat seseorang merasa sendirian, hampa, dan merasa dirinya tidak diinginkan.


Orang kesepian itu sebenarnya juga ingin kok melakukan kontak dengan lingkungan maupun teman-temannya. Namun, keadaan pikiran mereka lah yang membuat mereka jadi sulit menjalin hubungan dengan orang lain.

Penyebab Kesepian

Penyebab kesepian bisa datang dari beberapa hal. Salah satunya adalah kondisi situasional seperti pindah rumah, pindah tempat kerja, perpisahan dengan pasangan, atau baru saja ditinggalkan oleh orang terdekat.


Kesepian juga bisa disebabkan oleh faktor internal seperti kurangnya rasa percaya diri, berkepribadian introvert, ataupun social anxiety.


Lebih jauh lagi, kesepian juga ternyata bisa dipicu oleh kondisi psikologis seperti depresi yang kerap membuat seseorang mengisolasi dari lingkungan sosial. 


Cara Mengatasi Kesepian

Jika saat ini kamu sedang merasa kesepian, kamu bisa ikutin lima tips di bawah ini, ya!

Memperkuat Koneksi

Untuk kamu yang memiliki hubungan baik dengan teman-teman dan keluarga, kamu bisa mempererat hubungan tersebut dengan cara-cara sederhana seperti lebih sering bertanya kabar, jalan-jalan bersama, atau melakukan kegiatan seru lainnya.


Awalnya mungkin tidak akan mudah. Tapi kamu bisa memulai dengan satu orang yang paling kamu percayai dan paling bisa membuatmu nyaman.

Memanjakan Diri

Saat kesepian tiba-tiba datang, kamu bisa mengalihkan perasaan itu dengan cara memanjakan dirimu dengan olahraga, tidur yang cukup, atau mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi.


Untuk kamu para ladies, memanjakan diri juga bisa kamu lakukan dengan cara mengaplikasikan masker, menggunakan nail polish, ke salon untuk perawatan, dan beberapa hal lain yang membuat tubuh dan pikiran kamu relax. 

Menyibukkan Diri

Hampir mirip dengan memanjakan diri, menyibukkan diri bisa kamu lakukan dengan menyalurkan hobi atau aktivitas kesukaan kamu. 


Selain untuk mengalihkan perasaan kesepian, melakukan hobi juga bisa membuat kamu merasakan kembali perasaan excited, semangat, dan juga gembira.

Menemukan Support Online

Kesepian adalah perasaan yang juga banyak dialami oleh individu-individu di luar sana. Bisa saja mereka juga sama denganmu yang sedang butuh teman dan juga support.


Kamu bisa mulai mencari komunitas maupun grup online yang memiliki minat yang sama denganmu. Dengan begitu, kamu nggak akan merasa sendirian lagi dan menemukan aktivitas-aktivitas baru.

Menemui Psikolog

Penelitian menunjukkan bahwa kesepian dan gejala depresi memiliki keterkaitan yang erat. Semakin kesepian kamu, maka kamu memiliki kemungkinan untuk semakin merasa tertekan. Dan begitu juga sebaliknya.


Terkadang, mungkin kamu sudah berusaha untuk keluar, bersosial, ataupun bertemu dengan teman-temanmu. Namun, rasanya sama saja. Hampa itu tetap ada. Dan hal ini merupakan salah satu gejala depresi.


Jika kesepian yang kamu rasakan sudah membawamu hingga ke tingkat ini, ada baiknya untuk mencoba menemui psikolog profesional untuk membantumu mengatasi perasaan kesepian. 


Kesepian memang umum dirasakan oleh setiap orang. Namun, hanya kamu yang tau seberapa jauh rasa kesepian itu mengambil alih pikiranmu.


Untuk memastikannya, kamu bisa mengikuti tes level kesepian online dari Ibunda.id secara gratis. Kamu akan diberikan beberapa pertanyaan sederhana yang harus kamu jawab sesuai dengan apa yang saat ini sedang kamu rasakan.


Melalui tes tersebut, semoga kamu bisa mendapatkan gambaran yang valid tentang tingkat kesepianmu dan bisa membantumu untuk menentukan langkah selanjutnya.


Selamat mencoba!


Referensi:

verywellmind.com/loneliness-causes-effects-and-treatments-2795749 

psychologytoday.com/us/basics/loneliness 


Masih Mau Baca-Baca Lagi? Coba Cek Artikel Ini!

Masalah Diri Post Election Stress Disorder: Ketika Pemilu Membuat Kita Stres

14 Februari lalu, Indonesia telah berhasil menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Dewan Legislatif. Setelah melewati proses yang pan ...

Masalah Diri Promo Spesial HUT Ibunda.id ke-9: Diskon Hingga Rp90.000

Nggak terasa ya, ternyata di 2024 ini Ibunda.id udah masuk di tahun ke-9.Ternyata udah sembilan tahun Ibunda.id nemenin #PejuangKesehatanMental dan me ...

Anak Berkebutuhan Khusus , Gangguan Kepribadian , Hubungan Relasi , Kekerasan Fisik / Seksual , Masalah Diri , Masalah Emosi , Seksualitas Berdamai Dengan Kesepian, Akankah Semudah Itu?

Secara umum, kesepian didefinisikan sebagai suatu keadaan di mana kamu sedang sendirian atau menyendiri. Padahal, makna kesepian sebenarnya lebih seri ...

Komentar ( 0 )

Silakan verifikasi email '' untuk menggunakan layanan Ibunda.id