...
0
0
Masalah Emosi , Suicidal

Jika Dibiarkan Tak Terobati, Otak Bisa Rusak Karena Depresi

avatar Ratri Aisyah 29 Nov 2022 105 Pembaca
29 Nov 2022 105 Pembaca

Apabila kamu salah seorang yang memiliki gejala-gejala depresi, maka jangan hanya biarkan itu terabaikan dan tidak terobati ya.


Saat ini kamu mungkin belum merasakan dampaknya secara langsung, sebab efek itu seringkali tidak terlihat secara langsung, salah satunya adalah kerusakan otak.


Kerusakan otak akan berjalan perlahan, hingga akhirnya mampu menonaktifkan hampir sebagian fungsi otak kita. 


Dalam artikel ini, sudah dirangkum beberapa efek dan bagian otak yang rusak, apabila kita membiarkan depresi tidak ditangani.


Kerusakan Otak Akibat Depresi


  1. Merusak Kemampuan Kita Merasa Bahagia

Rasa hampa yang kita rasakan saat depresi berarti menandakan adanya disfungsi pada bagian otak yang disebut amigdala dan prefrontal cortex yang bertanggung jawab atas rasa sakit dan bahagia. 


  1. Menurunkan Kemampuan Meregulasi Emosi

Saat depresi kita sering kehilangan kemampuan untuk menghentikan rasa sedih berlebihan, hal ini juga menandakan jika terdapat kerusakan sel-sel otak pada bagian amigdala. 



BACA JUGA: 7 Tipuan Depresi yang Menghambat Kita Bertumbuh




  1. Kesulitan Mengingat atau Belajar

Kesulitan belajar dan mengingat suatu hal saat depresi, menandakan adanya kerusakan bagian hippocampus yang berfungsi dalam pembentukan memori, belajar, dan persepsi. 


  1. Kemampuan fokus dan kontrol diri

Sulit fokus dan menghentikan diri dari perilaku merugikan diri saat depresi, juga menandakan terdapat kerusakan pada bagian otak yang disebut prefrontal cortex. 


  1. Brain inflammation

Pada akhirnya, apabila depresi dibiarkan tidak terobati, otak kita akan mengalami inflamasi yang berarti kerusakan otak pada kondisi-kondisi sebelumnya akan semakin parah.



BACA JUGA: Suicidal Thoughts, Ketika Pikiran untuk Mengakhiri Hidup Muncul




Neuroplasticity


Bagi kita yang sedang mengalami depresi, sebetulnya tidak perlu risau dan khawatir jika dampak yang disebabkan depresi akan permanen. Sebab otak memiliki kemampuan yang disebut dengan neuroplasticity


Neuroplasticity adalah kemampuan otak untuk meregenerasi dan mengembalikan kemampuan atau fungsinya seperti semula.


Namun tentu, ada syarat yang perlu kita penuhi, yakni dengan rajin melakukan terapi atau pengobatan, serta menjalani gaya hidup yang lebih sehat.



Terakhir dari Ibunda


Untuk kamu yang berproses dalam terapi dan pengobatan jangan menyerah ya! 


Ada opsi lain yang bisa menjadi start untuk kamu yang sedang berjuang depresi, yakni dengan simak kelas “Overcoming Depression” oleh dr. Jiemi Ardian. 


Kamu bisa temukan kelasnya sekarang dengan klik disini ya!



Referensi:

VeryWellMind

Masih Mau Baca-Baca Lagi?
Coba Cek Artikel Ini!

Masalah Diri Alasan Orang Depresi Menghabiskan Waktu Lama untuk Mandi

Pernahkah kamu melihat orang depresi mandi dalam waktu yang lama? Bagi sebagian penderita depresi mereka mungkin kesulitan untuk melakukan pekerjaan k ...

Masalah Diri Mengapa Depresi Membuatmu Ingin Tidur Terus Menerus?

Banyak orang yang berada di sekitar penderita depresi merasa lelah melihat orang depresi terus tidur dalam waktu yang lama. Mereka melewatkan jam maka ...

Masalah Emosi 5 Alasan Mengapa Laki-Laki Memilih untuk Menyembunyikan Emosi

“Jangan nangis, kamu kan laki-laki” adalah salah satu dari banyaknya ungkapan yang ditujukkan untuk laki-laki sedari kecil. Akibatnya, tanpa di ...

Komentar ( 0 )

Silakan verifikasi email '' untuk menggunakan layanan Ibunda.id