0
0
Anak & Remaja

Mengenal Inner Child dan Tanda Inner Child Sudah Terobati

avatar Maftukhatus Sakiinah 09 Feb 2024 650 Pembaca
09 Feb 2024 650 Pembaca

Belakangan ini banyak pembahasan mengenai inner child, sebenarnya apa sih inner child itu? Apa benar setiap orang memiliki inner child yang terus terhubung sampai dewasa? 

Singkatnya, Inner child adalah kumpulan kenangan dalam perkembangan masa masa kecil. Dalam psikologi, kejadian masa kecil memiliki hubungan yang erat dengan bagaimana seseorang berperilaku di masa depan.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki pengalaman masa kecil yang menyenangkan. Sehingga menimbulkan ingatan yang cukup dalam pada diri seseorang saat ia beranjak dewasa. Inilah mengapa ada istilah inner child yang terluka. 


Baca Juga: Luka Emosional Jika Kamu Dibesarkan oleh Strict Parents

Apa itu Inner Child?

Inner child merupakan istilah dari sekumpulan memori atau ingatan tentang kejadian di masa kecil. Kamu mungkin tidak benar-benar mengingat bagaimana kejadian itu terjadi, tapi otakmu merekamnya sebagai sesuatu yang masuk dalam pikiran bawah sadar. 


Inner child mencakup hal-hal yang seseorang terima dan pelajari semasa kecilnya. Hal ini bisa menjadi sumber kekuatan atau luka yang diingatnya sepanjang tahap perkembangan. 


Menurut penelitian, Inner child menjadi inti kepribadian yang dibentuk dari arahan bagaimana seseorang bersikap agar dicintai dan diterima pada masa kanak-kanak. 


Pengalaman masa kecil yang menyakitkan dan pola pengasuhan yang tidak tepat dapat melukai batin anak dan mempengaruhinya saat dewasa. Ketika inner child yang terluka tidak diobati, seseorang akan mengulangi pola perilaku yang sama seperti yang dialaminya di masa kanak-kanak. 


Inner child yang terluka itu pun muncul ke permukaan saat dewasa dan berakhir dengan koping stress yang tidak sehat.


Oleh karena itu, penting untuk menerima dan menyembuhkan inner child. Hal ini akan membantu dalam mengatasi hal-hal yang mungkin berkembang menjadi lebih buruk, seperti trauma, harga diri yang rendah hingga masalah kepercayaan. 


Baca Juga: Tanda Kamu Tumbuh di Rumah yang Aman dan Nyaman

Tanda Inner Child yang Terluka

Kamu mungkin bertanya-tanya inner child seperti apa yang dikatakan terluka. Inner child yang terluka mengacu pada pengalaman yang buruk atau pengalaman berulang yang dialami seseorang semasa kecil. 


Pengalaman ini mengakibatkan trauma yang tidak terselesaikan dan muncul pada diri orang dewasa. Beberapa tanda yang kerap muncul bagi seseorang dengan inner child yang terluka diantaranya:

  1. Bereaksi berlebihan atas sesuatu yang tidak terpenuhi

  2. Mengeluh tidak ada yang memahami atau merasa tidak didengarkan

  3. Kesulitan menjelaskan perasaan 

  4. Takut diabaikan atau ditinggalkan 

  5. Kesulitan menolak atau menetapkan batasan 


Baca Juga: Childhood Emotional Neglect, Luka Pengabaian Emosional Masa Kecil

Tanda Inner Child yang Sudah Terobati

Menyembuhkan inner child berarti kamu kembali ke masa lalu untuk memahami bagaimana perasaan inner child dari sudut pandang orang dewasa. 


Dengan diri yang sudah dewasa, kamu dapat mulai mengurai mekanisme koping yang lebih sehat dan mengobati inner child yang terluka.Kamu pun tidak lagi merasa terbebani oleh rasa sakit akibat trauma masa kecil. 


Berikut ini beberapa tanda bahwa inner child mu sudah terobati, yaitu:

  1. Kamu tahu mekanisme pertahanan atau koping yang sehat

  2. Kamu tidak lagi menghindar telah merusak pola penghindaran

  3. Kamu dapat menyesuaikan apa yang dibutuhkan

  4. Kamu dapat menetapkan batasan

  5. Kamu mampu mengatur emosi

  6. Kamu membiarkan diri bermain dan bersikap santai

Lepaskan Trauma Inner Child 

Meskipun menyembuhkan inner child tak semudah yang dibayangkan. Kamu bisa terus perlahan belajar untuk mengobati inner child yang terluka. Kamu bisa memulainya dengan mengikuti kelas pengembangan diri dari Insight Me


Insight Me merupakan kelas pengembangan diri dari Ibunda.id yang menyediakan beragam jenis kelas yang akan membantu kamu untuk pulih dari hal yang menyakitkan. 


Kamu bisa mengambil kelas “Bebaskan Trauma Inner Child yang Terluka” bersama dr. Jiemi Ardian, Sp. Kj yang akan membantu kamu untuk menyembuhkan inner child. 


Yuk berproses bersama untuk lepaskan diri dari trauma inner child.




Referensi:

- Better Up

- Choosing Therapy

- Very Well Mind 

Kategori : Anak & Remaja

Masih Mau Baca-Baca Lagi? Coba Cek Artikel Ini!

Anak & Remaja Mengenal Inner Child dan Tanda Inner Child Sudah Terobati

Belakangan ini banyak pembahasan mengenai inner child, sebenarnya apa sih inner child itu? Apa benar setiap orang memiliki inner child yang terus terh ...

Anak & Remaja , Gangguan Kepribadian , Karir , Masalah Diri , Masalah Emosi Cyberbullying dan Dampaknya Pada Kesehatan Mental

Pembahasan tentang Cyberbullying belakangan ini seringkali muncul lantaran masifnya perkembangan dunia teknologi khususnya media sosial.Tapi sebenarny ...

Anak & Remaja , Anak Berkebutuhan Khusus , Gangguan Kepribadian , Keluarga , Masalah Diri , Masalah Emosi , Pengembangan Diri , Perilaku , Pranikah , Trauma Alasan Konseling Nggak Cukup Sekali

“Hah, harus konseling lagi?” “Berarti konseling aku gagal kah?”Pernah nggak kamu mikir gitu waktu psikolog ngajak kamu buat ketemu di sesi kon ...

Komentar ( 0 )

Silakan verifikasi email '' untuk menggunakan layanan Ibunda.id