...
0
0
Masalah Emosi , Suicidal

7 Tipuan Depresi yang Menghambat Kita Bertumbuh

avatar Ratri Aisyah 24 Nov 2022 97 Pembaca
24 Nov 2022 97 Pembaca

Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang mampu membuat seseorang kehilangan kemampuannya untuk berfungsi seperti biasa. 


Fungsi yang dirampas oleh depresi bukan hanya emosi, tapi juga cara berpikir dan memecahkan masalah, cara seseorang berhubungan dengan orang seseseorangrnya, bahkan kemampuan tubuh dalam mengelola kesehatannya secara mandiri.


Dari segi berpikir, depresi seringkali menginterupsi cara berpikir seseorang melalui berbagai tipuan atau misbelief. Hal ini kemudian menyebabkan seseorang merasa stuck, putus asa, hingga ingin mengakhiri hidupnya.


Beberapa tipuan yang umumnya dimiliki oleh seseorang dengan depresi adalah sebagai berikut.



  1. Kamu cuman lemah dan malas 

Padahal, depresi itu nyata dan menjadi sebab mengapa seseorang terus merasa kelelahan dan tidak lagi termotivasi untuk beraktivitas. 


  1. Kamu terlalu rusak dan tidak bisa diobati

Depresi kadang menipu seseorang untuk percaya jika seseorang terlalu rusak untuk dicintai dan terlalu rusak untuk diperbaiki. 



BACA JUGA: Smiling Depression, Cara Menutupi Depresi



  1. Tidak ada lagi yang penting dalam hidup

Depresi membuat seseorang merasa kehilangan kendali dan daya untuk melakukan suatu hal, sehingga membuatnya merasa hampa. 


  1. Sendiri adalah hal terbaik saat ini

Depresi meyakinkan mereka jika sendiri adalah hal yang baik, padahal untuk pulih dari depresi seseorang membutuhkan support orang terdekat. 


  1. Tidak ada harapan di masa depan

Depresi akan menjatuhkan seseorang berkali kali dengan pikiran negatif, mis. usaha apapun yang mereka lakukan adalah hal yang sia-sia. 


  1. Kamu tidak akan mencapai apapun

Depresi bahkan menipu seseorang jika sekalipun seseorang berhasil pulih, satu-satunya yang akan mereka dapatkan adalah kegagalan. 



BACA JUGA: Alasan Mengapa Depresi Membuat Kita Kelelahan



  1. ⚠️Bunuh diri adalah solusinya 

Terakhir.. depresi pada akhirnya akan mengambil kemampuan seseorang berpikir. Kemudian meyakinkannya bahwa satu satunya jalan keluar dari kesengsaraan ini adalah dengan mengakhiri hidup.



Terakhir Dari Ibunda


Bagi kamu yang sering memiliki pikiran-pikiran tersebut, percayalah itu hanya tipuan depresi yang ingin membuat kita tidak berdaya. 


Jadi jangan percaya dengan apa yang kamu pikirkan. Kamu bukanlah apa yang kamu pikirkan. 


Kamu bisa kembali pulih kok, memang tidak akan singkat dan mudah. Tapi bukan berarti kamu tidak akan bisa sampai ujungnya. Terus berupaya dan bersabar untuk melaluinya ya!


Jika butuh penguatan, kamu bisa coba dengarkan nasihat-nasihat dari psikiater dr. Jiemi Ardian yang tertuang dalam kelas online "Overcoming Depression" di Insight Me. 


Kelas ini akan memberikan kamu satu dua insight baru agar kamu bisa hidup berdampingan dan mengalahkan depresi, sehingga bisa pulih kembali.


Langsung klik disini untuk cari tahu lebih banyak tentang kelasnya ya!



Referensi:

VeryWellMind

Masih Mau Baca-Baca Lagi?
Coba Cek Artikel Ini!

Masalah Diri Alasan Orang Depresi Menghabiskan Waktu Lama untuk Mandi

Pernahkah kamu melihat orang depresi mandi dalam waktu yang lama? Bagi sebagian penderita depresi mereka mungkin kesulitan untuk melakukan pekerjaan k ...

Masalah Diri Mengapa Depresi Membuatmu Ingin Tidur Terus Menerus?

Banyak orang yang berada di sekitar penderita depresi merasa lelah melihat orang depresi terus tidur dalam waktu yang lama. Mereka melewatkan jam maka ...

Masalah Emosi 5 Alasan Mengapa Laki-Laki Memilih untuk Menyembunyikan Emosi

“Jangan nangis, kamu kan laki-laki” adalah salah satu dari banyaknya ungkapan yang ditujukkan untuk laki-laki sedari kecil. Akibatnya, tanpa di ...

Komentar ( 0 )

Silakan verifikasi email '' untuk menggunakan layanan Ibunda.id