...
0
0
Masalah Diri , Masalah Emosi

Sering Tiba-Tiba Nggak Bisa Ngontrol Emosi, Aku Ini Lagi Kenapa Sih?

avatar Athiya Nur Azzahra 27 Jun 2022 30 Pembaca
27 Jun 2022 30 Pembaca

Pernah nggak sih di suatu waktu, rasanya tuh gampang banget tersulut sama emosi. Dikit-dikit mau nangis, dikit-dikit mau marah, atau justru emosi rasanya flat aja sampe bingung sebenarnya ada apa yang salah sama diri sendiri. 


Alasan kenapa kita sulit mengontrol emosi diri sendiri

Kalau kamu lagi sulit mengontrol emosi, mungkin aja kamu sedang menghadapi beberapa hal ini..


Kewalahan sama tuntutan yang ada

Coba refleksiin ke diri sendiri deh, kapan terakhir kamu mengerjakan sesuatu hal sesuai limit kemampuanmu? Bisa jadi karena kamu memaksakan diri, kamu jadi kewalahan dengan tuntutan yang ada. Akhirnya semua tugas, kewajiban, permintaan orang lain jadi menumpuk dan mempengaruhi emosimu sendiri. Kalau udah gini, nggak ada salahnya ambil cuti dan refreshing dulu deh! 


Lagi burnout 

Melakukan pekerjaan yang itu-itu aja dengan waktu yang berk bisa juga bikin kamu burnout suatu saat. Coba lakukan pekerjaan dengan tempat atau suasana yang sedikit variatif. Harapannya sih, pekerjaan jadi nggak monoton dan emosi bisa terkendalikan ya


Ketakutan akan suatu hal

Rasa takut bisa bermanifestasi jadi marah atau sedih. Terlebih, jika rasa takutnya ngumpet di alam bawah sadar. Bisa aja ada hal sederhana yang kamu takuti tapi kamu nggak sadari. Misalnya takut gagalnya presentasi, atau takut bertemu seseorang.


Mengalami stress sementara

Stress wajar banget kita alami. Saking wajarnya, kita suka menormalisasikan kalo kita lagi nggak baik-baik aja. Hayo, ambil rehat-rehat! 


Pengaruh hormon

Pahami juga kalau datang bulan atau sedang nggak balance-nya hormon juga bisa jadi sumber kamu susah mengontrol emosi. Coba lebih sayang sama diri dengan memperhatikan hal ini ini, deh


Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol

Kebiasaan buruk akan berdampak buruk pada fisik juga. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi alkohol ya. 


Menjadi pertanda diagnosa tertentu

Beberapa diagnosa gangguan psikologis seperti bipolar disorder atau gangguan kepribadian tertentu memang berelasi dengan sulitnya mengontrol emosi. Kalau hal ini sih harus divalidasi sama profesional ya, jangan mengira-ngira sendiri.


BACA JUGA: Tips Praktis Menghadapi Trauma


Cara Memegang Kembali Kendali Terhadap Emosi Diri

Setidaknya, ada 4 hal yang perlu kamu lakukan untuk mengendalikan emosimu nih.. 


1. Pahami dulu apa dampak dan penyebab dari munculnya emosimu.

Kenali emosimu lebih dulu biar nggak meledak di kemudian hari. Kamu bisa lakukan self-talk dengan pakai cara ini: 

  1. Kenapa aku marah?

  2. Pada siapa aku marah?

  3. Apa dampak dari aku marah?

  4. Apa yang bisa aku lakukan untuk memperbaiki keadaan ini?


2. Membiasakan diri untuk nggak menekan tiap emosi yang hadir.

Emosi hadir untuk di regulasi, bukan di represi. Jadi, usahakan untuk melepas emosimu, alih-alih menekannya. Akan lebih baik menangis lepas daripada menahan emosi ke dalam diri. Perasaan negatif yang bertumpuk disimpan suatu hari nanti bisa meledak lho.


BACA JUGA: Depresi Beneran Bikin Gampang Lelah


3. Jangan lupakan kebutuhan kondisi fisikmu juga. 

Jangan lupakan juga untuk memperhatikan keadaan fisikmu. Barangkali kamu emosi karena lagi ada masalah hormon, kelelahan, atau memang sedang sakit. Hayo, jangan lupa menjaga diri sendiri juga ya. 


4. Pilih satu dari kedua opsi: Mengambil jeda atau mengambil tindakan 

Setelah memahami emosi dan keadaan fisikmu, coba perlahan ambil keputusan dengan berhati-hati dalam mengontrol emosimu. Kalau butuh waktu untuk menyendiri, nggak papa untuk mengambil jeda. Atau jika ingin diselesaikan langsung, coba untuk lebih wise dalam mengambil tindakannya ya.


sumber: healthline.com


Masih Mau Baca-Baca Lagi?
Coba Cek Artikel Ini!

Masalah Diri Alasan Orang Depresi Menghabiskan Waktu Lama untuk Mandi

Pernahkah kamu melihat orang depresi mandi dalam waktu yang lama? Bagi sebagian penderita depresi mereka mungkin kesulitan untuk melakukan pekerjaan k ...

Masalah Diri Mengapa Depresi Membuatmu Ingin Tidur Terus Menerus?

Banyak orang yang berada di sekitar penderita depresi merasa lelah melihat orang depresi terus tidur dalam waktu yang lama. Mereka melewatkan jam maka ...

Masalah Emosi 5 Alasan Mengapa Laki-Laki Memilih untuk Menyembunyikan Emosi

“Jangan nangis, kamu kan laki-laki” adalah salah satu dari banyaknya ungkapan yang ditujukkan untuk laki-laki sedari kecil. Akibatnya, tanpa di ...

Komentar ( 0 )

Silakan verifikasi email '' untuk menggunakan layanan Ibunda.id