...
0
0

Stress Karena Pekerjaan? Lakukan Tips Ini

avatar Inviani sekoati 06 Aug 2018 210 Pembaca
06 Aug 2018 210 Pembaca

Banyak orang bilang, Jakarta adalah kota impian. Gaya hidup kekinian, fasilitas canggih, hingga keberadaan perusahaan-perusahaan hebat seolah menjadi magnet bagi siapa pun untuk singgah dan bahkan menetap di kota ondel-ondel ini. Tapi apakah benar bekerja di Jakarta senikmat itu?

 

Hasil survei jobstresst.com menyatakan bahwa 62% karyawan di Jakarta susah tidur nyenyak karena memikirkan pekerjaan, 38% memikirkan saat perjalanan pulang, 20%  memikirkannya saat weekend dan 31% mengatakan bahwa mereka masih bekerja saat libur atau cuti. Wah, ternyata hidup di Jakarta ngga gampang, harus lembur bagai quda..

 

FYI nih, beban kerja yang berat dan terlalu membebani bisa mengakibatkan tingkat stress meningkat. Lalu, apa dong yang bisa dilakukan?

 

Atur Waktu

Manajemen waktu bagi pekerja di Jakarta sangatlah penting. Tak jarang stress di tempat kerja muncul karena terlalu banyak kerjaan yang ditumpuk. Maka itu, buatlah to-do-list harian dan mingguan, dan jangan lupa datanglah lebih awal 10-15 menit ke tempat kerja. Mulailah bekerja dengan fokus mengerjakan pekerjaan yang mudah lebih dahulu.

 

Jangan terlalu terlena dengan komputermu ya, biarkanlah matamu beristirahat dengan memanfaatkan waktu libur kerja. Kamu bisa buat daftar kegiatan yang akan dilakukan setiap akhir pekan, seperti berkumpul bersama keluarga, menonton film bersama teman, atau melakukan hal-hal yang kamu sukai untuk meningkatkan semangat dan mood kamu.

 

Tidur Cukup

Berhenti memikirkan dan melanjutkan pekerjaan saat waktu kerjamu di kantor sudah berakhir. Melansir dari successbefore30.co.id, ada studi yang mengatakan bahwa istirahat berkala dapat menghasilkan kepuasan kerja yang lebih tinggi, mengurangi kelelahan dan frustasi serta dapat mengontrol emosi.

 

Atur Pola Konsumsi 

Kebiasaan pekerja ibukota saat istirahat kerja adalah jajan junk food sampai gorengan. Ternyata, meskipun nikmat tiada tara tapi makanan seperti ini hanya akan membuat lesu. Jadi, mulai sekarang kurangi makanan berlemak. Perbanyak makan buah dan sayur untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi stress.

 

Sempatkan Mengobrol

Saat mulai kehilangan semangat dalam bekerja. Cobalah sebentar mengobrol dengan keluarga, teman atau pasangan melalui telepon genggam. Cara ini dianggap cukup manjur untuk membangun suasana hati yang positif.

 

Nah, buat kamu worka-mania di kota sibuk Jakarta, ikuti tips tadi bisa bantu bikin stress kamu berkurang lho. Jangan lupa share tips ini kepada kerabat-kerabat kamu ya, supaya mereka ngga spaneng mulu sama kerjaan. 

 

Dan buat kamu yang lagi punya masalah terkait pekerjaan, boleh banget lho kamu jadiin bunda temen curhat. Kamu bisa chat line @ibunda atau website www.ibunda.id. Yuk Curhat Sama Bunda, pasti Bunda Cari Solusinya. #SpeakUpYorLove with iBunda.

Kategori :

Masih Mau Baca-Baca Lagi?
Coba Cek Artikel Ini!

Masalah Diri Alasan Orang Depresi Menghabiskan Waktu Lama untuk Mandi

Pernahkah kamu melihat orang depresi mandi dalam waktu yang lama? Bagi sebagian penderita depresi mereka mungkin kesulitan untuk melakukan pekerjaan k ...

Pernikahan , Pranikah Ciri-Ciri Pasangan yang Kamu Harus Berhati-hati Sebelum Menikah

Seumur hidup itu terlalu lama bersama orang yang gak tepat. Jika saat ini kamu memiliki rencana untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan, kamu ...

Masalah Diri Mengapa Depresi Membuatmu Ingin Tidur Terus Menerus?

Banyak orang yang berada di sekitar penderita depresi merasa lelah melihat orang depresi terus tidur dalam waktu yang lama. Mereka melewatkan jam maka ...

Komentar ( 0 )

Silakan verifikasi email '' untuk menggunakan layanan Ibunda.id